Stop Polemikkan Slogan, Dua Jurnalis Senior Ini Bilang……

  • Whatsapp

MANADO – Debat tak berujung soal slogan Torang Samua Basudara (TSB) dan Torang Semua Ciptaan Tuhan (TSCT) di media sosial rupanya menjadi perhatian khusus dua jurnalis senior, Friko Poli dan Joppie Worek.  Keduanya menganggap perdebatan tanpa solusi tersebut hanya membuang energi, bahkan bisa menimbulkan ketersinggungan  dan gesekan di antara dua kelompok yang berdebat.

“Warga Sulut mari hentikan polemik soal slogan. Biarkan waktu yang menilai apakah slogan itu bisa sepanjang masa atau hanya sepanjang periode satu masa saja. Gus Dur bilang itu aja kok repot,”  kata Friko Poli saat ditemui media ini, Rabu (20/7) siang di Manado.

Pemimpin Redaksi Harian Komentar ini menilai ada banyak hal yang lebih penting untuk dikerjakan ketimbang menghabiskan waktu berpolemik tentang  jargon di media sosial.  “Kita kira lebih bijaksana kalo torang fokus kerja supaya anak-anak boleh makang sadap, sekolah deng baik, torang boleh tidor sadap dan pigi baibadah dengan sukacita,” ujar  pria penggemar Tim Matador  ini dalam dialek Manado .

Setali tiga uang,  Joppy Worek mengajak semua elemen menyudahi polemik dan saling bully di media sosial tersebut. Mantan Pemimpin Redaksi Harian Telegraf  dan Kepala Biro Harian Surya  Jakarta ini menyebut rakyat tak butuh slogan.

“Banyak slogan yang digaungkan dan disosialisasikan, tapi masih banyak rakyat miskin, lapar, susah kerja, tidak punya rumah dan tidak bisa menyekolahkan anak.  Saya sudah keliling tanah Minahasa, jadi tahu betapa  sulitnya rakyat cari makan,”  Joppie memaparkan.

Atas kondisi tersebut, pria yang sudah menulis beberapa buku ini menyarankan pemangku kepentingan untuk tidak dulu membuat slogan.  “Rakyat nyanda makang slogan. Beking kerja for rakyat, supaya rakyat ndak lapar,  rakyat ndak bodok, rakyat ndak saki. Beking rakyat sehat, kuat, deng pande,  itu tu butul,” ungkap Joppie dalam dialek Manado dengan penuh semangat.

Pendukung setiap Tim Panser Jerman ini menyebut Sulut  hanya akan jadi hebat kalau masyarakatnya sudah sejahtera.  “Pemerintah semoga memberikan yang terbaik buat masyarakat,” ucap Joppie. (don/alx)

 

Related posts