Warga Malra Ingin Figur Baru, Nama Cosmas Refra Mulai Digemakan

  • Whatsapp

TUAL-Arah politik masyarakat Maluku Tenggara (Malra) mulai terbaca jelang pesta demokrasi terbesar di daerah kepulauan tersebut.  Survei acak sejumlah mahasiswa dan aktivis pemuda memperlihatkan kecenderungan masyarakat  untuk memilih figur baru dibanding incumbent.

“ Kami keliling semua kecamatan. Dari pertemuan dengan sejumlah masyarakat, kami menyimpulkan kalau mayoritas warga  menginginkan perubahan. Mereka ingin figur baru memimpin Malra lima tahun ke depan,” kata Kamilus Sadsitubun, salah satu aktivis pemuda Malra.

Pernyataan Kamilus tersebut dibenarkan Reinaldo. Mahasiswa Universitas Sam Ratulangi  Manado ini menyebut warga di daerah yang kaya akan sumber daya alam, khususnya perikanan tersebut begitu mendambakan munculnya sosok pembaharu.   “Pembangunan yang seperti jalan di tempat. Warga butuh pemimpin yang visioner, bisa membawa Malra  lebih baik dan lebih maju,” ujar Reinaldo.

Lantas siapa sosok pembaharu yang didambakan  masyarakat Malra?  Aktivis LSM Malra, Hendrikus merekomendasi dua nama yakni Cosmas Refra dan Juventus Wee.  “Keduanya memiliki jejaring luas, berintegritas dan punya jiwa kepemimpinan.  Mereka juga memiliki konsep brilian untuk membuat Malra sejajar dengan daerah lain dan bahkan lebih maju,” ucap Hendrikus.

Sayang keinginan Hendrikus untuk melihat keduanya maju di Pilbup nanti tak kesampaian. Maklum, Juventus Wee dengan tegas menyatakan  tak akan bertarung pada Pilkada tahun depan.

Ketua pertama PMKRI Cabang Tondano ini  memilih untuk mendukung Refra. “Pak Cosmas Refra merupakan figur tepat memimpin Malra. Pengalamannya di berbagai organisasi dan kemampuannya membangun jejaring di level nasional akan sangat bermanfaat dalam melobi berbagai proyek masuk ke Malra”  Wee memaparkan.

Pria yang fasih berbahasa Prancis dan Inggris ini mengaku sudah pernah sharing dengan Refra. “Dia cerdas.  Track recordnya juga bagus. Saya sangat yakin Malra akan berkembang pesat kalau dipimpin tokoh sehebat Pak Cosmas Refra,”  kata alumnus Unima Tondano ini.

Penggiat  anti korupsi dan sering menjadi pembicara di bidang pendidikan di Manado ini mengemukakan Refra akan melakukan optimalisasi pembangunan  pada berbagai sektor.  “Kesehatan, pendidikan, pariwisata,  sosial, teknologi informasi dan peningkatan layanan publik menjadi titik perhatian Pak Cosmas Refra. Saya tak ragu untuk mendukungnya karena dia figur terbaik untuk Malra saat ini,”  ujar Wee lagi. (don/alx)

 

Related posts