Legislator Manado Minta Pemerintah Genjot Sektor Pendidikan

  • Whatsapp

MANADO-Anggota DPRD Kota Manado, Jonas Makawata menilai perlunya pemerataan pengembangan kualitas pendidikan pada semua jenjang atau tingkatan, mulai dari  SD, SMP sampai SMA di Kota Manado. Pemerataan pendidikan ini menurut dia akan menghindarkan terjadinya penumpukkan siswa di sekolah berlabel favorit yang membuat sekolah lainnya hanya jadi tempat penampungan ‘siswa buangan’.

“Kalau setiap sekolah memiliki fasilitas yang sama baiknya serta tenaga pengajar yang berkualitas, tentunya akan terjadi pemerataan dan penyebaran jumlah siswa. Dengan demikian orang tua tidak perlu memilih sekolah yang disebut favorit bagi anak-anak mereka karena semua sekolah menjadi favorit. Pemerintah harus menggenjot sektor ini demi menciptakan sumber daya andal di kemudian hari,” ujar Makawata.

Diketahui pada setiap tahun ajaran baru, banyak orang tua di Manado yang rela mengantri sejak dinihari di sekolah yang dianggap favorit untuk mendaftarkan anak mereka, seperti SMP 1 atau SMA 1.  “Kalau kualitas pendidikan sudah merata, label sekolah favorit tidak lagi berlaku. Semua sekolah jadi favorit,” ujar aktivis LSM John Pade.

Sementara berkenaan dengan penerimaan siswa baru tahun ini, pengamat pendidikan Terry Umboh berharap sekolah jangan lagi menerima titipan dari pejabat, legislator dan pengusaha.  “Ikut saja standar yang sudah ditentukan.  Jangan karena ada titipan dari pejabat atau orang tertentu lalu persyaratan yang sudah ditentukan itu dikangkangi.  Ini akan mengurangi  mutu pendidikan kita,” kata Terry. (don)

.

Related posts