Jadi Besi Tua, Sualang Imbau Kapal Puskesmas Keliling Dioperasikan Kembali

  • Whatsapp

MANADO– Pemerintah Kota (Pemkot) Manado pernah menganggarkan dan sudah membeli kapal puskesmas keliling. Pengadaan kapal terapung di periode 2009-2014 itu dimaksudkan untuk melayan masyarakat di Manado Tua, Bunaken dan Siladen serta wilayah lainnya yang bisa dilalui.

Namun, pengadaan kapal dengan anggaran cukup besar itu tak dimanfaatkan sebaik mungkin. Kondisi ini sangat disayangkan Wakil Ketua Komisi D DPRD Manado, Richard Sualang.

“Waktu saya jabat ketua Komisi D, kalau tidak salah pada tahun 2010, memang sudah dianggarkan pembelian kapal itu. Memang ukurannya terlalu kecil, tapi katanya sekarang sudah seperti besi tua. Sangat disayangkan memang, karena anggaran pengadaannya cukup besar. Saya lupa berapa angka pastinya, tapi mencapai miliaran rupiah,” kata Sualang.

Kapal puskesmas keliling (ist)
Kapal puskesmas keliling (ist)

 

Legisator peraih suara terbanyak sekota Manado pada Pilcaleg 2014 lalu itu menghimbau Pemkot untuk kembali memprogramkan pelayanan puskesmas terapung dengan dukungan kapal puskesmas keliling perairan yang lebih memadai. Politisi PDIP ingin warga kepulauan mendapat pelayanan kesehatan yang maksimal.

 

“Sebaiknya pelayanan puskesmas terapung dioperasikan kembali. Pengadaan itu perlu didukung dengan fasilitas yang lebih layak lagi, seperti pengadaan kapal yang ukurannya lebih besar dari yang sudah pernah ada dan peralatan medis yang lengkap,” ujar Icad, sapaan akrab putra mantan Wakil Gubernur Sulut, Freddy Sualang ini. (don)

Related posts