Penentuan Sekolah Penerima DAK, Wakil Ketua DPRD Manado Ingatkan Dinas Pendidikan

  • Whatsapp

MANADO – Wakil Ketua DPRD Manado, Richard Sualang mengingatkan Dinas Pendidikan (Diknas) Manado untuk menentukan sekolah-sekolah penerima dan pengguna Dana Alokasi Khusus (DAK). Peringatan ini disampaikan mantan Ketua Komisi D ini mengingat Manado untuk tahun hanya memperoleh dana DAK sebesar Rp13,4 miliar.

“Tahun ini, DAK pendidikan hanya diperuntukkan bagi SD. Maka kami minta agar yang diprioritaskan adalah yang sangat membutuhkan karena banyak yang sudah tidak layak bahkan rusak parah akibat bencana lalu. Jangan sampai ada pilih kasih,” ungkap Icad, sapaan akrab Richard Sualang.

Menurut politisi PDIP ini, ada sekolah sampai saat ini masih rusak parah akibat bencana 2014. “Saya kira ini menjadi prioritas,” ujarnya.

Kepala Bidang Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Manado, James Monolimay, mengakui memang proposal permohonan untuk menjadi penerima DAK pendidikan sudah masuk sejak Januari lalu.Bahkan, katanya, Dinas Pendidikan Manado sudah melakukan verifikasi terhadap seluruh proposal yang masuk, namun penentuan siapa penerima dana tersebut belum juga dilakukan.”Namun penetapannya akan tetap mengacu pada aturan, terutama petunjuk teknis pelaksanaan untuk menghindari terjadinya masalah hukum,” katanya.

Dia pun mengatakan akan terbuka dalam penetapan penentuan penerima bantuan . “Dengan begitu masyarakat umum tahu dan pelaksanaan pembangunan sarana dan prasarana pendidikan di Manado dapat berjalan sesuai juknis dan juklak serta ketentuan peraturan perundang-undangan,” ujarnya. (don)

Related posts