Tambuwun-Paat Penentu Sukses Formasi 345 di DPC Hanura Manado

  • Whatsapp

MANADO-Dalam sepakbola dikenal berbagai macam formasi. Paling sering digunakan adalah formasi 4-4-2 dan 3-5-2. Penerapan formasi secara baik di lapangan pasti membuahkan hasil yang baik pula.

Di politik, penerapan formasi juga ikut menentukan sukses tidaknya partai politik menggapai tujuannya. DPC Hanura Manado sadar benar akan hal tersebut. Di awal berdirinya, partai bentukan Wiranto ini sudah menetapkan formasi 3-4-5.

Formasi ini berjalan baik dalam dua periode sebelumnya. Henky Lasut sebagai pengendali di periode pertama sukses menghadirkan 3 kursi di DPRD Manado. Selanjutnya Revani Parasan di periode kedua berhasil meningkatkan perolehan suara Hanura Manado menjadi 4 kursi.

Nah, tugas Robert Tambuwun sebagai Ketua DPC Hanura periode 2016-2021 adalah menambah satu kursi lagi menjadi lima di Pilcaleg 2019. Itu artinya Hanura harus punya keterwakilan dari semua daerah pemilihan di Manado.

“Katakanlah Tambuwun adalah coachnya. Dia yang memilih pemain dan meracik strategi. Bagaimana strategi itu berjalan baik di lapangan, sangat tergantung pada kapten tim. Beruntung Hanura punyaArthur Paat sebagai sekretaris. Selaku kapten tim, Paat yang mentransformasi strategi Tambuwun ke semua pemain dan memimpin timnya dalam meraup kemenangan,” kata John Pade, aktivis LSM.

Tim ini makin kuat karena ada pemain berpengalaman, punya kemampuan mumpuni dan sangat disegani lawan. Pemain yang dimaksud adalah Stenly Tamo.

“Dia benteng Hanura. Tamo bisa memainkan banyak fungsi. Dia tahu memfilter serangan lawan, tahu kapan saatnya melakukan penyerangan dan pada saat-saat tertentu menjadi eksekutor di kotak penalti,” ujar Terry Umboh, juga aktivis LSM.

Keberadaan ketiganya, ditambah sokongan dari Ketua DPD Sulut Revani Parasan dan Ketua DPP Wiranto serta semua pendukung Hanura, baik Pade maupun Umboh percaya Tambuwun-Paat akan bisa merealisasikan formasi 3-4-5 dengan baik. “Target lima kursi itu saya kira bisa dicapai Hanura Manado,” kata Umboh yang dibenarkan Pade. “Kami tim yang kuat. Pasti bisa merealisasikan target itu,” timpal Steven ‘Aba’ Samsudin, salah satu pemain inti Hanura Manado. (alx)

Related posts