Pancasila Dasar dan Identitas Hidup, Jacko Ajak Generasi Muda Berperan Aktif dalam Pembangunan

  • Whatsapp

MANADO – Ketua DPD KNPI Sulut, Jackson Andrew Wiliam Kumaat mengatakan peringatan Hari Lahir Pancasila yang diperingati pada tanggal 1 Juni hari ini, merupakan sarana untuk mengevaluasi keadaan demi menyegarkan semangat dalam membangun masa depan bangsa.

“Sejarah telah membuktikan perjuangan pendiri bangsa yakni Bung Karno dalam merumuskan Pancasila sebagai dasar bangsa menghasilkan rakyat Indonesia yang kuat dan bersatu menghadapi berbagai persoalan bangsa,” ujar Jacko, sapaan akrab ketua KNPI Sulut ini, usai melaksanakan upacara peringatan hari lahirnya Pancasila ke 72 yang dirangkaikan dengan pawai Pancasila bertempat di lapangan KONI Sario, Manado.

Jacko mengingatkan kembali, bahwa warga Sulut terutama generasi mudanya agar tidak lupa mengaktualisasikan nilai fundamental yang dimiliki pancasila dalam kehidupan sehari hari.

Untuk itu, sebagai bagian dari NKRI, generasi muda Sulut harus memiliki peran aktif dalam membangun bangsa, Indonesia memiliki jiwa dan semangat warga bangsa yang majemuk, sangat dibutuhkan pengabdian tanpa membedakan asal usul demi membangun daerah nyiur melambai yang kita cintai ini.

Jacko menuturkan bahwa Pancasila merupakan dasar dan identitas hidup dan karakter hidup generasi masa depan Indonesia yang bermoral, memiliki semangat juang dalam upaya mencapai cita-cita bangsa yang kuat, untuk dapat hidup berdampingan damai dengan bangsa lain.

“Pancasila itu dasar Negara, dan identitas hidup serta karakter hidup generasi masa depan, jadi mari kita jaga bersama, terutama generasi muda sebagai penerus dan penentu arah bangsa Indonesia dimasa depan nanti,” ujarnya.

Sementara Ketua Olly Dondokambey Center (ODC), Ferry Wowor penetapan 1 Juni sebagai sebagai hari lahir Pancasila dan hari libur nasional. “ Mari kita aktualisasikan nilai-nilai fundamental Pancasila dalam hidup,” kata Ferry. (don)

Related posts