OD Support Delegasi Sulut di Munas Pemuda Tani Indonesia

  • Whatsapp

MANADO-Gubernur Sulut, Olly Dondokambey (OD)mensupport penuh delegasi Sulut yang akan mengikuti Musyawarah Nasional Pemuda Tani Indonesia (Munas PTI),  6-7 Mei di Hotel Kartika Chandra Jakarta. Dukungan terhadap keikutsertaan DPD PTI Sulut dan 15 perwakilan kabupaten/kota  disampaikan langsung orang nomor satu di daerah Nyiur Melambai itu saat menerima Michael George Pandeiroot dan kawan-kawan di rumah pribadinya, Rabu (27/4) malam.
“Sebagian warga Sulut menggantungkan hidupnya dari pertanian. Saya sokong  rombongan DPD PTI Sulut mengikuti Munas untuk menyuarakan harapan masyarakat, khususnya petani Sulut,”  kata Olly.
Menurut dia, pasang surut kondisi ekonomi nasional saat ini berpengaruh signifikan terhadap kehidupan masyarakat petani. Karena itulah sektor pertanian menjadi salah satu perhatian Olly dan Wakil Gubernur Steven Kandouw. “Kesejahteraan petani harus  kita tingkatka,”  Olly menegaskan.
Dalam konteks meningkatkan kesejahteraan petani Sulut tersebut, mantan Ketua Komisi XI DPR RI ini  berencana membangun  pasar induk di Desa Kalasey, Kecamatan Mandolang Minahasa. “Keberadaan pasar induk demi memotong mata rantai monopoli harga yang dilakukan para tengkulak selama ini,” ucapnya.
Selama ini, lanjut Olly, harga bawang, rica dan tomat (Barito), jagung dan umbi-umbian serta sayur-mayur di pasar-pasar tradisional saat ini mengikuti mekanisme pasar yang sengaja diatur oleh para mafia pasar. Dia menilai mafia sengaja mempermainkan harga jual, padahal pembelian ditingkat petani relatif sangat murah. “Hal ini menyebabkan banyak petani banting stir meninggalkan lahan pertanian mereka untuk menjadi tukang ojek karena merasa lebih cepat mendapat uang. Saya berharap DPD PTI Sulut ikut memikirkan kesejahteraan petani  kita,” ucapnya.
Olly mengaku sudah menyampaikan kondisi ini ke pimpinan Perbankan di Sulut. “Saya bersyukur mereka mau membantu petani kita,” ujarnya.
Ketua DPD PTI Sulut, Michael George Pandeiroot dan Sekretaris Donal Lengkey menghaturkan terima kasih atas sokongan tersebut. Keduanya juga berjanji untuk memperjuangkan aspirasi petani Sulut di Munas.
“Sektor pertanian memang masih dominan menopang pendapatan masyarakat. Kami dukung upaya Pak Olly mengupayakan pemberdayaan khusus, di antaranya ketersediaan pupuk murah dan obat-obatan pertanian terjangkau. Pun berusaha mendatangkan investor guna membangun pertanian di Sulut, seperti mendirikan pabrik pengolahan, sehingga hasil komoditas bisa dibeli industri olahan. Dengan menciptakan market yang baik akan menjadikan kehidupan petani lebih baik,” ujar Pandeiroot.
Sesuai hasil rapat DPD PTI Sulut, rombongan yang akan mengikuti Munas di Jakarta berjumlah 17 orang. “DPD Sulut diwakil dua orang dan masing-masing DPC satu orang. Itu rombongan yang resmi  akan jadi peserta Munas. Namun, kami tak keberatan kalau DPC mengutus dua atau tiga orang,” ungkap Lengkey. (bin)

Related posts