Lembaga Pinjaman Daerah segera Dibentuk

MANADO—Permodalan masih menjadi masalah utama untuk Koperasi Usaha Mikro Kecil Menengah (KUMKM). Maklum, selama ini pihak perbankan belum optimal dalam menyalurkan kredit produktif kepada sektor KUMKM di samping bunga kredit yang masih tinggi.

Penegasan tersebut disampaikan Wakil Gubernur (Wagub) Sulut, Drs Steven Kandouw saat berdiskusi dengan sejumlah pelaku KUMKM di Manado.  Karena itulah menurut mantan Ketua DPRD Sulut ini ke depan akan dibentuk Lembaga Penjamin Pinjaman Daerah di daerah Nyiur Melambai untuk mengatasi masalah permodalan bagi para pelaku KUMKM.

“Koperasi merupakan sokoguru perekonomian Indonesia. Sebagai sokoguru perekonomian pengembangan dan pemberdayaan sektor KUMKM menjadi prioritas pembangunan daera. Hal ini sudah tertuang dalam Visi dan Misi Gubernur dan Wagub. Harus kita sadari bahwa pengentasan kemiskinan melalui pengembangan UMKM memiliki potensi yang baik,” kata Steven.

Senada dengan itu Kadis Koperasi dan UMKM Sulut Ir Rene Hosang menyatakan Sektor UMKM memiliki kontribusi yang besar bagi penyerapan tenaga kerja. tentu saja akan dapat meningkatkan kesejahteraan para pekerja yang terlibat di dalamnya. ‘’Pengembangan UMKM akan dapat menyerap lebih banyak lagi tenaga kerja yang ada sehingga dapat mengurangi angka pengangguran,’’ ujarnya. (don)

Related posts