Akademisi Ini Yakin Bandara Sam Ratulangi Lebih Berkembang di Masa Pemerintahan Olly-Steven

  • Whatsapp

MANADO-Akademisi dari Universitas Sam Ratulangi (Unsrat), Heard Runtuwene MSi yakin Bandara Sam Ratulangi Manado akan lebih berkembang di masa pemerintahan Olly Dondokambey dan Steven Kandouw.  Keyakinan Runtuwene didasari atas upaya Olly menemui langsung Menteri Perhubungan, Ignasius Johan di Jakarta belum lama ini.

“Kita beruntung memiliki gubernur dengan jaringan luas di pusat. Pak Olly bisa diterima baik oleh Menteri Perhubungan. Usulan yang disampaikan dalam pertemuan tersebut juga direspon dengan baik oleh menteri,”  kata mantan Ketua Senat Mahasiswa Perguruan Tinggi (SMPT) Unsrat Manado ini.

Olly  ketika bertemu Ignasius memang menyampaikan sejumlah usulan bagi pengembangan bandara Sam Ratulangi Manado. Di antaranya adalah adanya perluasan terminal kedatangan dan keberangkatan di bandara dengan berbagai fasilitas yang dimilikinya sebagai bandara internasional.

Kemudian diusulkan pula, agar run way atau landasan pacu bandara Sam Ratulangi yang saat ini masih berukuran 2650 meter, agar ditambah sepanjang 150 meter, menjadi 2800 meter, sehingga nantinya bisa didarati pesawat berbadan lebar, semisal AisBus type A350 yang berkapasitas 400 penumpang.

Jam operasional bandara Sam Ratulangi pun akan ditambah dari 17 jam, menjadi 24 jam atau seharian penuh. ‘’Ini maksudnya untuk mengantisipasi aktivitas penerbangan dari dan ke luar negeri,’’ kata Gubernur Sulut Olly Dondokambey, seperti dikutip Juru Bicara Pemprov Sulut Roy Saroinsong,SH. (don)

 

Related posts