Soal Fighting Spirit, Generasi Muda Punya Poin Lebih

  • Whatsapp

MANADO-Personil Komisi A DPRD Manado, Bambang Hermawan menilai partisipasi dari kader-kader muda di beberapa organisasi kemasyarakatan (Ormas) yang ada di Manado dan Sulut kurang mendapat perhatian serius dari pemerintah. “Mungkin karena sistem yang seakan-akan terpaku pada slogan yang tua lebih berpengalaman. Padahal, kalau soal kinerja dan fighting spirit, generasi muda punya poin lebih,” ujarnya.

Legslator dari daerah pemilihan Paal Dua dan Tikala ini pun berharap Pemerintah Kota (Pemkot) Manado memberdayakan Ormas yang berpotensi untuk menghasilkan kader-kader generasi muda yang bisa membantu kelancaran pemerintahan. Pemberdayaan ormas menurut dia akan sangat menunjang pengelolaan pemerintahan, terlebih khusus dalam melayani masyarakat.

“Artinya, kontrol sosial bisa lebih efektif. Selain itu, mereka juga bisa menjadi perpanjangan tangan pemerintah dalam bakti-bakti sosial terkait kepentingan publik. Kita butuh tenaga mereka untuk membuat Manado dan Sulut lebih baik lagi,” ungkap Ketua Fraksi PAN Manado ini.

Bambang menyebut pemberdayaan ormas yang berpotensi tidaklah sulit dilakukan.“Pemerintah bisa mengkaji, menilai, dan menimbang, ormas mana yang bisa dijadikan partner atau rekan kerja. Bila pemerintah ingin lakukan peninjauan atau bakti sosial karena banjir atau bencana alam, mereka bisa dilibatkan agar penanganannya cepat. Saya kira pepatah ‘sekali mendayung, dua-tiga pulau bisa terlampaui’ bisa meningkatkan performa pemerintah di masyarakat,” pungkas Ketua Pandu PAN Sulut ini. (kam)

Related posts