Era MEA, DPRD Manado Minta Pemerintah Tingkatkan SDM Lokal

  • Whatsapp

MANADO –DPRD Manado berharap pemerintah meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) supaya bisa bersaing di era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Harapan itu mengemuka seiring dimulai era baru, era di mana pekerja dari berbagai profesi bisa memilih dan mendapatkan pekerjaan sesuai yang dia harapkan di kawasan Asia Tenggara.

“Suka atau tidak suka, konsekwensi dari pemberlakuan MEA adalah menerima orang asing masuk ke Indonesia, termasuk Manado. Karena itu SDM harus terus ditingkatkan agar bisa bersaing,” kata Ketua Komisi D DPRD Manado, Apriano Saerang kepada wartawa di Manado, Selasa (23/2) sore.

Bagaimana cara meningkatkan kualitas SDM lokal? Legislator dari daerah pemilihan Sario dan Malalayang ini mengatakan pemerintah perlu mendirikan balai latihan kerja (BLK) sehingga dapat dijadikan tempat meningkatkan kapasitas SDM warga Manado. “Jika pemerintah tak segera mendirikan BLK, maka akan sulit bagi SDM lokal meningkatkan kemampuannya, apalagi kalau yang latarbelakang pendidikannya pas-pasan. BLK bisa menjadi solusinya,” ujarnya.

Selain mendirikan BLK, Ketua Fraksi Gerindra ini juga meminta pemerintah membuat peraturan daerah khusus yang bisa digunakan untuk mengatur dan melindungi tenaga kerja lokal dari persaingan dengan WNA. “Tak kalah pentingnya adalah meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris atau bahasa asing lainnya. Kalau ingin bekerja di negara lain, tenaga kerja kita harus bisa berbahasa Inggris atau bahasa yang digunakan di negara yang ia tuju,” kata Saerang lagi. (don)

 

Related posts