Jalankan Fungsi Pengawasan, Wakil Rakyat Manado Sisir Beberapa Wilayah

  • Whatsapp

MANADO-Pengawasan merupakan  satu dari tiga fungsi wakil rakyat. Dua fungsi lainnya adalah budgeting dan legislasi. Mengoptimalkan fungsi pengawasan tersebut, DPRD Manado kerap turun langsung melihat pelaksanaan proyek pembangunan dan kegiatan lainnya yang berkaitan dengan hajat hidup orang banyak.

Selama Februari 2016, wakil rakyat Manado turun lapangan (turlap) di beberapa wilayah guna mengetahui kondisi ril pembangunan yang dilaksanakan. “Kami turun melihat pembuangan limbah sejumlah perusahaan di beberapa tempat. Kami ingin memastikan pembuangan limbah tersebut tidak membahayakan warga,” kata Linneke Kotambunan, Wakil Ketua Komisi C usai mengecek langsung pembuangan limbah salah satu perusahaa otomotif di bilangan Paal Dua,Kecamatan Paal Dua.

Anita de Blouwe Cs meninjau satu proyek (humas)
Anita de Blouwe Cs meninjau satu proyek (humas)

Para legislator juga memantau langsung sejumlah proyek yang pengerjaannya agak tersendat dan tak sesuai harapan masyarakat.  “Proyek yang dibiayai negara sebaiknya dikerjakan tepat waktu dan sesuai aturan,” kata personil Komisi C DPRD Manado, Anita De Blouwe saat bersama rekan-rekannya meninjau proses pembangunan di Grand Kombos Manado.

Pengawasan di Grand Kombos (humas)
Pengawasan di Grand Kombos (humas)

Wakil rakyat juga turun ke lokasi lahan yang menurut warga masih bermasalah, misalnya di Jalan Kartini.“Warga setempat membeberkan data menyangkut  keabsahan dan legitimasi tanah tersebut. Juga ada sertifikat baru terbit  berseberangan dengan tanah sengketa itu, kemudian di sebelahnya tertulis  tanah negara. Pemerintah harus bertindak dengan bijak dan berlandaskan aturan,”  ujar Sekretaris Komisi A Hengky Kawalo.

Sebelumnya para legislator juga melakukan sidak di beberapa supermarket, tempat hiburan, restaurant, rumah makan, areal perparkiran dan reklamasi pantai. “Kami berharap pengusaha dan semua elemen untuk ikut aturan,” kata Ketua Komisi D Apriano Saerang.

Jalan menuju lokasi proyek juga jadi perhatian (humas)
Jalan menuju lokasi proyek juga jadi perhatian (humas)

DPRD Manado pun berharap pengusaha ikut tergerak untuk membenahi drainase di wilayah usaha mereka. “Air sering tergenang di beberapa titik saat banjir, salah satunya di kawasan reklamasi. Kami ketuk pintu hati pengembang untuk ikut membenahi drainase,” ujar personil Komisi C Stenly Tamo. (liputan khusus/lexi duma)

 

Related posts