Mangindaan-Asiku Optimalkan Layanan Puskesmas

  • Whatsapp

MANADO – Harley Mangindaan mengakui, selama hampir lima tahun dipercayakan selaku Wakil Walikota, layanan kesehatan masih terus diperbincangkan oleh warga.Kendati Pemerintah kota saat ini sudah menyediakan layanan kesehatan gratis, ternyata belum cukup menjawab sepenuhnya aspirasi dari masyarakat.

Seperti diutarakan warga, Manado memiliki RSUP (Rumah Sakit Umum Pusat), juga ada RSUD (Rumah Sakit Umum Daerah), dan lagi rumah sakit swasta lainnnya.Tapi belum cukup, terutama fasilitas yang berhubungan Edengan emergency atau layanan darurat.

“Kami warga Manado di wilayah utara. Ketika ada hal-hal yang darurat dan mencoba merujuk ke RSUP atau RSUD, jarak yang ditempuh cukup jauh. Ini pengalaman kami disini, memang disini ada satu rumah sakit swasta, tapi harus diakui layanan dan fasilitasnya berbeda dengan di RSUP atau RSUD,” ujar Didi Vander Slot, warga Tuminting.“Beruntung kita punya Calon pemimpin seperti Pak Ai Mangindaan, yang selalu hadir ditengah-tengah masyarakat, mendengar harapan kami,” sambungnya lagi.

Untuk itu, Harley Mangindaan dan Jemmy Asiku ingin membuat terobosan baru, yaitu menciptakan sistem layanan yang tidak hanya di rumah sakit, tapi dengan mengoptimalisasi Pusat Kesehatan Masyarakat atau Puskesmas.

“Puskesmas merupakan upaya kesehatan yang bersifat menyeluruh, terpadu, merata, dapat diterima dan terjangkau oleh masyarakat. Untuk itu kedepan perlu dioptimalkan, sehingga citra Puskesmas saat ini di mata masyarakat, tidak hanya mengurus layanan Posyandu, periksa kesehatan semata. Tapi bisa dioptimalkan lebih dari itu, seperti hal-hal bersifat layanan darurat,” kata Mangindaan.

Mangindaan juga mengakui Pemerintah Manado kesulitan mengintervensi rumah-rumah sakit tersebut, karena masing-masing memiliki aturan sendiri, apalagi bukan berada dibawah kewenangan Pemerinta di Manado.Karena itu, bersama Asiku jika diperkenankan maka hal tersebut masuk dalam prioritas untuk diselesaikan, agar layanan “excellent” bagi masyarakat dapat diberikan.

Dikatakannya, Puskesmas akan ditingkatkan, dan akan mengupayakan penambahan tenaga dokter umum, spesialis dan paramedis, dan alat-alat kesehatan, sehingga bisa juga dijadikan sebagai tempat rawat inap.“Kami juga mendorong agar layanan kesehatan dibawah kendali Pemerintah kota tidak berbelit-belit sehingga pelayanan kesehatan sungguh-sungguh berubah dan menjadi jauh lebih baik dari sekarang,” katanya.

“Tujuannya hanya satu memberikan pelayanan terbaik bagi seluruh warga Manado, karena memang itu sudah menjadi tekad kami berdua,” kuncinya, seraya menambahkan, jika layanan Puskesmas sudah dioptimalisasi, perencanaan membangun RSUD Manado, kedepan bisa terwujud.

“Tapi perlu persiapan bersama, seperti para dokter, pelayan kesehatan begitu juga sarana prasarananya serta Manado sudah punya dunia pendidikan untuk menunjang hal tersebut, seperti Unsrat,” tambahnya. (*)

Related posts