Komisi D DPRD Manado Usul Pemasangan CCTV di Setiap Sekolah

  • Whatsapp

MANADO-Komisi D DPRD Manado mengusulkan pemasangan CCTV di setiap sekolah. Usulan itu disampaikan langsung Ketua Komisi D, Apriano Saerang menyusul berita maraknya aksi penculikan dan kekerasan terhadap anak di sejumlah kota.

“Sejumlah orang tua murid berharap ada CCTV yang dipasang di ruang kelas, lorong sekolah, kantin dan halaman parkir. Dengan CCTV tersebut, wali murid dan orang tua bisa memantau lewat website yang menggunakan smartphone. Ini akan memberikan rasa nyaman bagi orang tua murid,” kata Apriano di ruang Komisi D, Kamis (26/11/2015) siang.

Selain pemasangan CCTV, komisi yang membidang pendidikan ini juga berharap setiap sekolah membuat kartu penjemput yang diberikan kepada perwakilan. Kartu tersebut menurut Sekretaris Komisi D, Sony Lela berfungsi sebagai tanda penjemput yang sah. “Hanya pemegang ID Card yang dapat menjemput siswa dari sekolah. Dengan demikian ada jaminan keselamatan siswa dalam perjalanan pulang,” ujar Sony

Usulan pengadaan CCTV dan kartu jemput tersebut disokong banyak kalangan. “Pelaku akan berpikir dua kali untuk melakukan aksinya karena tahu ada alat perekam. Keberadaan CCTV membuat orang tua lebih tenang,” kata John Pade, aktivis LSM.

“Kami juga setuju kalau sekolah, khususnya untuk TK dan SD ada kartu penjemput. Dengan begitu anak diserahkan ke tangan yang tepat setelah jam pelajaran berakhir di sekolah,” timpal Terry Umboh, juga aktivis LSM. (alx)

Related posts