Eman-Sompotan Melejit Berkat Program Pro Rakyat

  • Whatsapp

MANADO-Jimmy Eman dan Syerly Adelyn Sompotan (SAS) atau Emas berpeluang menjadi kandidat pertama dari jalur independen yang memenangi pemilihan kepala daerah di Sulut. Survei sejumlah lembaga research yang kredibel menempatkan pasangan ini di posisi teratas kandidat paling didambakan oleh warga  kota sejuk itu. Program pro rakyat yang sudah berjalan selama beberapa tahun di Kota Bunga membuat duet dengan jargon lanjutkan untuk Tomohon yang lebih baik ini melejit.Buruh, petani, pelajar, mahasiswa, aktivis, eksekutif muda, kalangan lansia, akademisi dan semua profesi berharap program yang berakar dari suara rakyat tersebut terus berlanjut.

“Program pelayanan kesehatan dan pendidikan yang semakin membaik, pertumbuhan UMKM yang signifikan, infrastruktur yang makin memadai dan naiknya pendapatan per kapita masyarakat selama Eman menjabat walikota menjadi acuan atau pijakan masyarakat dalam bersikap,” kata Adrin Timbuleng MSi, salah satu akademisi yang memberikan nilai positif terhadap kinerja Eman.

Di bidang kesehatan, Tomohon memang layak menjadi acuan. Sudah 70 persen masyarakat menikmati program BPJS. Sementara di sektor pendidikan, Eman banyak memberi kemudahan bagi putra-putri terbaik Kota Bunga untuk meraih impiannya. Termasuk di antaranya adalah menyediakan bus gratis untuk pelajar.

Selanjutnya di sektor ekonomi, Eman sukses menggenjot pertumbuhan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang nyata meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Sesuai data 11.682 UMKM dan 273 koperasi yang ada di Tomohon..

“Tomohon  boleh mendapat Satya Lencana Pembangunan Koperasi dari Presiden RI karena peningkatan di sektor pendidikan, kesehatan, pertanian, perikanan serta kualitas aparatur pemerintah yang semakin baik. Dari sisi indeks kesejahteraan masyarakat, Tomohon bersama Manado di posisi pertama di Sulut. Sulut sendiri menempati peringkat keenam di Indonesia. Ini menandakan program pro rakyat Eman menyentuh langsung kehidupan masyarakat,” kata salah satu tokoh masyarakat Sulut, Johan Otto Bolang.

Mantan Bupati Minahasa ini optimistis Tomohon akan makin berkembang jika Eman kembali terpilih. “Latar belakang Eman sebagai sarjana akuntansi banyak membantu Eman menata pemerintahan. Tomohon dua tahun berturut-turut mendapatkan opini WTP dari BPK menjadi bukti kematangan dan kecerdasann memanfaatkan keuangan dengan baik, “ ujarnya.

Keberadaan SAS membuat Eman makin paripurna. Maklum istri Presiden Direktur (Persdir) tipikal wanita yang suka kerja keras, pengayom semua kalangan, rajin turun menyerap aspirasi dan pribadi yang santun. “SAS juga punya jejaring pengusaha di level nasional. Dia sudah melakukan promosi cerdas dan efektif tentang Tomohon. Dengan kehadiran SAS, program pro rakyat pasti lebih ditingkatkan, ” ucap Arther Wuwungan, tokoh muda Tomohon.

John Array, tokoh masyarakat di kota sejuk setuju dengan pernyataan Bolang dan Wuwungan itu. Kata Array, kombinasi Eman dan Sompotan sungguh tepat. “Eman yang dikenal teliti, telaten, tegas, bersih dan cerdas, cocok didampingi SAS yang santun, merakyat, jujur, bersahaja dan sering membantu orang tanpa pamrih.Tomohon memang tak punya tambang emas. Tapi, Tuhan maha baik mengirim pemimpin berjiwa emas dalam diri Eman dan SAS,” kata Array. (alx)

Eman-Sompotan dalam Angka

2-Di tangan Eman, Tomohon dua tahun berturut-turut meraih opini WTP

24-Eman sukses memaksimalkan potensi yang ada di Tomohon sehingga PAD kini menyentuh Rp24 miliar lebih dari sebelumnya hanya Rp8 miliar.

11.682-Usaha kecil miko dan menengah juga berkembang pesat sejak Eman memangku jabatan walikota. Terdata ada 11.682 UMKM dan 273 koperasi

584-APBD Tomohon tahun ini sebesar Rp584 miliar dari sebelum kepemimpinan Eman hanya Rp378 miliar. Jika duet Eman-Sompotan menjadi pemenang Pilwako, beberapa tahun ke depan APBD bisa menyentuh Rp1 triliun

70-Kurang lebih 70 penghargaan yang diraih Eman, baik dari dalam maupun luar negeri selama kepemimpinannya di Tomohon.Penghargaan di antaranya Satya Lencana Presiden RI dalam Bidang Pembangunan, Penghargaan Internasional dalam Bidang Koperasi, Manggala Karya Bakti Husada dari Menteri Kesehatan, dll.

1-Tomohon dari sisi indeks kesejahteraan masyarakat bersama Manado di posisi pertama untuk Sulut. Sulut di urutan keenam seluruh Indonesia. Ini menandakan program pro rakyat Eman berjalan dengan baik.

25-Tak kurang dari 25 penghargaan individu yang diperoleh SAS dalam bidang seni, budaya, sosial, ekonomi dan pendidikan.

 

 

 

 

Related posts