DPRD Minta Pemkot Seriusi Masalah Pengangguran

  • Whatsapp

MANADO-DPRD Manado melalui Wakil Ketua Komisi A, Robert Tambuwun berharap Pemerinatah Kota (Pemkot) Manado member perhatian khusus dalam penanganan masalah pengangguran. Permintaan itu disampaikan Tambuwun menyikapi makin tingginya angka pengangguran di Manado.

“Ada puluhan ribu angkatan tenaga kerja yang belum mendapatkan pekerjaan. Butuh solusi konkrit dari pemerintah untuk mengatasi masalah ini,” kata Tambuwun saat dihubungi, Jumat (20/11/2015) malam.

Tingginya angka pengangguran menurut dia bisa menjadi pemicu  terjadinya serangkaian kriminalitas di daerah ini.  “Perlu ada terobosan untuk menciptakan lapangan kerja,” ungkapnya.

Tambuwun juga berharap perusahaan yang baru beroperasi di Manado  untuk mengakomodir tenaga kerja lokal.

“Ada beberapa mall dan proyek properti yang akan dibangun di Manado. Selain mall, ada sejumlah bank dan perusahaan  swasta lainnya  yang juga sedang mempersiapkan investasi mereka di Sulut. Alangkah bijak jika mereka memberdayakan tenaga kerja lokal,”  kata  Tambuwun.

Politisi Hanura ini kemudian mencontohkan   upaya  Cina menekan angka pengangguran.  “Pemerintah Cina memberikan keleluasan  bagi investor  asing untuk berinvestasi  di negara mereka.  Izin dan persyaratan lain dipermudah, namun dengan catatatan perusahaan yang akan beroperasi itu memprioritaskan  warga Cina. Saya kira ini bisa diadopsi,” pungkasnya. (alx)

 

 

 

Related posts