Legislator Manado Dukung Program Revitalisasi di Daerah Rawan Banjir

  • Whatsapp

MANADO- Anggota DPRD Manado Royke Anter mendukung penuh rencana awal pemerintah merevitalisasi sungai di daerah rawan banjir di wilayah Kota Manado. “Sungai itu termasuk aset sekaligus tantangan untuk mengelolanya. Memang kalau tidak dapat mengelola, keberadaan sungai itu bisa menjadi ancaman bagi masyarakat yang bermukim di sekitarnya karena banjir maupun tergerus abrasi. Oleh karena itu sebagai wakil rakyat, saya mendukung program pemerintah untuk merevitalisasi sungai di kawasan DAS Tondano yang memang rawan banjir,” kata Anter.

Dia mengusulkan agar rencana revitalisasi sungai yang dimisikan Pemerintah Kota Manado, ke depannya mencakup seluruh daerah aliran sungai (DAS) yang ada di kota ini. Meski sadar jika anggaran untuk itu tidaklah sedikit, tapi manfaat yang akan didapat diprakirakan bakal jauh lebih bernilai demi pengembangan pembangunan daerah aliran sungai di kota Manado. “Keberadaan aliran sungai itu merupakan aset yang harus dikelola secara efisien. Peluang yang ada harus dimanfaatkan secara baik dalam pengelolannya, meski untuk itu membutuhkan modal dan investasi yang tidak sedikit,” ungkapnya.

Anter yakin kalau ditata sebaik mungkin, ini bisa  menunjang kepariwisataan kota Manado, yang otomatis bisa meningkatkan kesejahteraan warga, khususnya di sekitar DAS yang bisa dimanfaatkan untuk kegiatan perekonomian.(alx)

Diinformasikan, dana revitalisasi sungai akan ditata dalam Anggaran Belanja Tambahan (ABT) tahun 2012 ini. Nantinya di tahun 2013, kawasan sungai akan dikelola untuk kegiatan pembangunan kawasan objek wisata seperti Waterfront City.(alx)

Related posts