Dewan Manado Jadwalkan Pembahasan Ranperda Inisiatif

  • Whatsapp

MANADO – Naskah akademik tentang Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) inisiatif mengenai kepala lingkungan dan air limbah sudah dirampungkan oleh tim penyusun yang ditetapkan melalui proses lelang. Menindaklanjuti rampungnya naskah tersebut, DPRD Manado langsung menjadwalkan pembahasan dua Ranperda itu dengan mitra terkait.

‘Berdasaran kesepakatan Badan Musyawarah DPRD Manado, pembahasan awal Raperda pada tanggal 23 sampai 28 November 2015, dimana jadwalnya simultan dengan pembahasan KUA-PPAS induk RAPBD 2016. Kami berharap Badan Legislasi DPRD Manado, segera menyurati pimpinan dewan untuk membahas usulan pembahasan tersebut sehingga bisa segera ditetapkan,” ujar kata Ketua DPRD Manado Noortje Van Bone di Manado, kemarin.

Dia mengatakan, pembahasan akan dilakukan bersama dengan satuan kerja perangkat daerah dan akan diupayakan selesai sebelum berakhir tahun 2015. “Akhir tahun ini kita sudah punya Perda soal kepala lingkungan dan air limbah,” kata Van Bone.

Menyangkut isi kedua Raperda tersebut, Wakil Ketua DPRD Manado Richard Sualan mengatakan baru akan diketahui secara resmi setelah pembahasan dilakukan bersama antara DPRD dan SKPD. “Kita lihat saja, nanti karena pembahasan baru akan dilakukan jadi bisa diketahui,” katanya.

Sualang mengatakan, kemungkinan Raperda berisikan tentang lama masa jabatan kepala lingkungan, cara pemilihan apakah ditunjuk wali kota ataukah dipilih langsung masyarakat.(len)

 

Related posts