Citilink Beroperasi, Ribuan Wisatawan Tiongkok Banjiri Sulut

  • Whatsapp

MANADO-Sulut bakal dibanjiri ribuan wisatawan Tiongkok pada November dan Desember 2015 menyusul beroperasinya maskapai penerbangan Citilink di Manado. Sesuai informasi, ada empat penerbangan pada November dan empat lagi di bulan Desember. “Ya, kita bakal kedatangan ribuan turis asal Tiongkok,” kata Kepala Dinas Pariwisata Sulut, Happy Korah di Manado, kemarin.

Kehadiran turis asal Tiongkok terus berlanjut sampai tahun depan. Menurut Korah, sudah ada persetujuan antara Citilink dengan sejumlah travel di sana untuk setiap bulan melakukan empat penerbangan. “Ini kesempatan emas yang tak boleh disia-siakan. Kita harus menyiapkan infrastruktur wisata dan para guide yang bisa berbahasa Mandarin dengan baik,” ujar Korah.

Sejauh ini wisatawan asal Tiongkok memang lebih senang berwisata di Sulut. Data Agustus saja, ada 958 turis asal Tiongkok dari total 2.4447 wisatawan yang berkunjung ke Sulut.

Pemerhati wisata Sulut, Juventus Wee menyebut ada berbagai hal yang membuat wisatawan asal Tiongkok menyenangi daerah Nyiur Melambai. Pertama kuliner Sulut cocok dengan lidah wisatawan Tiongkok. Karena itu Juventus meminta pemerintah untuk membenahi lokasi wisata kuliner dan Manado sekitarnya.

Pertimbangan lainnya karena Sulut salah satu surga wisata laut. Selain di Bunaken, Sulut juga punya beberapa tempat menakjubkan di wilayah Likupang. “Pemerintah harus membenahi akses transportasi menuju Likupang,” ujar Juventus. (alx)

Related posts