Manajerial Lemah, PD Pasar-PDAM Manado Gagal Capai Target

  • Whatsapp

MANADO-Dua Badan Usaha Milik Daerah (BUMD)  milik Pemerintah Kota (Pemkot) Manado,  Perusahaan Daerah  (PD) Pasar dan  Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM)  belum memberikan kontribusi ke kas daerah sebagaimana target yang ditentukan sebelumnya. Kegagalan tersebut menurut  personil  DPRD Manado, Benny Parasan karena  kemampuan manajerial  lemah dari dua perusahaan daerah tersebut.

“PD Pasar dan PDAM belum dikelola secara profesional.  Jajaran direksi dan pengurus lainnya harus  dipilih sesuai kompetensi,  bukan karena kedekatan dengan  top eksekutif,”  ujar Parasan.

Politisi Gerindra ini berharap Pemkot melakukan Fit and Proper Test (FPT)  untuk jabatan strategis.  “Kalau ditangani orang yang tepat, saya yakin PD Pasar dan PDAM  bisa berkembang  baik,” ucapnya.

Sebelumnya sejumlah pedagang meminta  Pemkot untuk melakukan pembenahan di dua  perusahaan itu.  “Manajemen  PD Pasar dan PDAM sangat buruk.  Jangan bicara setoran dulu ke kas daerah,  membayar gaji karyawan saja sering terlambat,”  ungkap  Buang, pedagang di Pasar Bersehati.

Buang Cs berpendapat  buruknya kinerja manajemen  itulah sehingga  ada temuan dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Namun menyangkut  temuan tersebut, manajemen mengaku siap untuk melakukan pembenahan.  “Semua yang menjadi temuan BPK terhadap kesalahan-kesalahan aministrasi di dalam manajemen  PD Pasar akan kami perbaiki,” kata  Elco, salah satu staf PD Pasar. (alx)

 

 

Related posts