Perlu Ada Drink Free Area di Manado

  • Whatsapp

MANADO-Aktivis LSM, Terry Umboh mengusulkan adanya area khusus untuk para pengkonsumsi minuman keras (miras). Dengan begitu para alkoholik menurut dia bisa leluasa menikmati minumanya tanpa khawatir menimbulkan masalah bagi orang lain.“Konsepnya seperti menyediakan tempat bebas merokok (smoke free area), “ujarnya saat dihubungi harian ini, kemarin.

Keberadaan drink free area dalam pandangan Terry bisa menjadi alat kontrol statistik. “Institusi terkait akan lebih mudah mengetahui berapa jumlah warga yang menjadi penggemar minuman beralkohol di Manado, apakah itu pada jenis liquor (kadar alkohol tinggi) atau liqueur (kadar alkohol lebih rendah),” ucapnya.

Menurutnya, usulan tersebut sangat rasional mengingat selama ini pengendalian peredaran miras hanya terfokus kepada para produsen. “Tentunya akan maksimal jika yang dikontrol adalah konsumenya juga. Tidak hanya pada produsen, “ ucapnya.

Dengan ruang khusus miras, dia optimis ke depan akan mampu meminimalisir kasus fatal akibat miras. “Setidaknya, pemerintah akan lebih mudah melakukan pengawasan terhadap prilaku konsumen miras. Pun pemerintah bisa menentukan miras apa yang boleh dikonsumsi atau tidak,” katanya. (alx)

Related posts