DPPKB MOU Dengan RS Bhayangkara

Manado, megamanado- Pemerintah Kota Manado, melalui Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) menandatangani MOU dengan pihak Rumah Sakit Bhayangkara.

Kepala Dinas DPPKB Ir Meisje Heidy Naomi Wollah MSi, saat dikonfirmasi, Rabu (14/04/2021) mengatakan, penandatangan ini dilakukan untuk mensukseskan program dari KB

“Kami melakukan MOU dengan rumah sakit untuk pelayanan prima bagi masyarakat yang ingin melakukan operasi seperti tubektomi untuk wanita dan vasektomi untuk pria,”kata Kadis.

Kadis menambahkan, MOU dilakukan mengingat akseptor (orang yang akan ikut KB) akan melalui proses operasi ringan dan akan menggunakan alat kontrasepsi tersebut secara jangka panjang.

“Karena harus melalui rangkaian operasi ringan maka sangat diperlukan penanganan secara medis di rumah sakit tersebut,”ujarnya.

Dijelaskan, sebelumnya melalui rangkai operasi tersebut pasien harus diperiksa dan dipastikan sehat rohani dan jasmani.

Disisi lain Wollah menjelaskan keunggulan tubektomi diantaranya tidak akan memengaruhi produksi hormon sehingga tidak akan terjadi perubahan pada gairah seks atau pun menstruasi.

“Hanya perlu satu kali menjalani tubektomi. Memiliki tingkat keberhasilan yang tinggi dalam mencegah kehamilan,” jelasnya.

Kemudian vasektomi lebih dari 99 persen efektif untuk mencegah kehamilan.

“Efek jangka panjang bagi kesehatan jarang terjadi. Tidak memengaruhi kadar hormon, gairah seks atau mengganggu aktivitas seks,”kunci Wollah.(qim)

Related posts