INI Sulut Gelar Seleksi ALB dan Magang Bersama

INI Sulut Gelar Seleksi ALB dan Magang Bersama
Ketua INI Sulut Karel Butarbutar bersama sejumlah penguji pada kegiatan seleksi ALB dan magang bersama (Foto: MMC)

Manado, megamanado.com – Ikatan Notaris Indonesia Wilayah Sulawesi Utara (Pengwil INI Sulut) menggelar seleksi anggota luar biasa (ALB) dan magang bersama di Novotel Grand Kawanua Manado, Sabtu (27/2/2021). Seleksi dan magang bersama merupakan salah satu tahapan yang  harus dilalui untuk menjadi notaris.

 “Ini bagian dari amanah UU Jabatan Notaris, kita harus memfasilitasi calon-calon notaris. Seleksi ini yang ketiga kalinya digelar di periode kepengurusan kami,” kata Ketua Pengwil INI Sulut, Karel Butarbutar kepada wartawan di sela-sela kegiatan.

Peserta seleksi dan magang bersama (Foto: MMC)

Pengwil INI Sulut menurut dia merasa merasa bertanggung jawab menyiapkan calon notaris yang bermartabat (officium nobile) dan siap pakai.

“Untuk menjadi anggota luar biasa ini harus melalui seleksi. Mereka harus paham tentang anggaran dasar/anggaran rumah tangga dari perkumpulan. Mereka juga harus memahami UU N No 2 Tahun 2014 tentang jabatan notaris dan juga kode etik,” ujar salah satu notaris terbaik di daerah Nyiur Melambai ini.

Ujian wawancara (Foto: MMC)

Setelah lulus seleksi dan menjadi ALB, selanjutnya mengikuti magang bersama selama 24 bulan.  Proses magang ini dimulai dari semester 1 sampai semester IV. Sesudah itu, sang calon mengikuti ujian kode etik dan mengajukan permohonan menjadi notaris. “SK pengangkatannya nanti dari KemenkumHAM,” ucap mantan jawara judo nasional dan wasit internasional ini.

Seleksi ALB menurut Luna, salah satu panitia hanya diikuti satu peserta dan magang bersama 20 orang. “Pesertanya tidak banyak karena yang lain sudah ikut pada kegiatan sebelumnya dan demi memastikan protokol kesehatan berjalan baik,” ujar Luna.

Ketua INI Sulut Karel Butarbutar memantau proses ujian (Foto: MMC)

Pantauan wartawan, seleksi dan magang bersama selama satu hari penuh tersebut terdiri dari dua tahapan, ujian tertulis dan lisan atau wawancara. Pengujinya adalah para ketua pengda, notaris senior dan perwakilan INI Sulut serta pusat.

“Seleksinya ketat. Dengan seleksi ketat dan berjenjang ini, kita berharap lahir notaris berkualitas,” kata Sekum Pengwil INI Sulut yang juga menjadi penguji, Hikmah Devi.

Ia bersama sejumlah pengurus INI Sulut menyampaikan rasa syukurnya atas lancarnya kegiatan tersebut. Hikmah juga berterima kasih atas kerja sama semua semua pihak dalam menjaga protap kesehatan.

Diketahui satu hari sebelum pelaksanaan kegiatan, semua peserta dan penguji terlebih dahulu mengikuti rapid tes antigen. Mereka juga mengikuti pemeriksaan suhu tubuh, menjaga jarak, menggunakan masker dan disinfektan. (*/nji)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply