Apel Perdana, Udang dan Maliatja Puji Semangat Tim Tagana Talaud

Apel Perdana, Udang dan Maliatja Puji Semangat Tim Tagana Talaud
Aperl perdana Tim Tagan Talaud dipimpin Kadis Sosial Nelson Udang (Foto: JUN/MMC)

Talaud, megamanado.com-Sejumlah Taruna Siaga Bencana (Tagana) hadir dalam apel perdana di halaman Kantor Departemen Sosial Kabupaten Talaud, Selasa (19/1/2021). Apel tersebut dipimpin langsung Kepala Dinas (Kadis) Sosial Kabupaten Talaud Nelson Udang.

Kadis SAosial Nelson Udang (Foto: JUN)

Di kesempatan itu, Nelson mengajak Tim Tagana yang berasal dari 19 kecamatan di Talaud agar dapat membantu pemerintah dalam hal penanggulanganan bencana alam, maupun non alam “Tim Tagana harus bersama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Talaud mengedukasi masyarakat dan  menyampaikan informasi jika cuaca sedang ekstrim yang dapat mengakibatkan banjir bandang, tanah longsor dan ombak besar di perairan pantai,” ujar Nelson.

Sekretaris Dinas Sosial Oni Maliatja (Foto: JUn)

Tim Tagana menurut dia juga harus mengedukasi bencana non alam (Covid 19) yang sedang mewabah di Kabupaten Talaud. “Beritahukan masyarakat agar tetap patuh dan ikuti protokol kesehatan Covid 19. Protokol kesehatan yang benar adalah tetap memakai masker apabila keluar rumah, jangan melakukan kerumunan, harus mencuci tangan dengan disinfektan, kalau tidak penting, baiknya jangan keluar rumah,” kata Nelson.

Ajakan itu direspon baik personil Tim Tagana. Simson Fonataba,  anggota Tagana yang berasal dari kecamatan Moronge dan saat ini menjabat Kepala Desa (Kades) Desa Moronge 2 menyatakan kesiapan dirinya untuk membantu Pemkab Talaud.

“Tagana dipersiapkan pemerintah pusat untuk membantu pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten/kota untuk melaksanakan tugas dan tanggungjawab dalam hal penanggulangan bencana alam dan non alam,” ucapnya.

Tim Tagana Talaud siap bbertugas dalam kegiatan penanggulanbgan bencana alanm dan non alam (Foto: JUN)

Ia menyebut jika setiap bulan personil Tagana menerima upah Rp250.000 per bulan.  Upah itu diterima per triwulan melalui rekening masing-masing,

“Mudah-mudahan di tahun ini dan seterusnya ada penambahan upah dari  pemerintah pusat dan kabupaten. Semua personil Tagana siap menjalankan tugas dengan penuh tanggung jawan,”  kata Samson.

Di sisi lain Sekretaris Dinas Sosial Kabupaten Talaud Oni Maliatja menghaturkan terima kasih atas kesiapan dan semangat, yang ditunjukkan Tim Tagana dalam kegiatan penanggulangan bencana. “Semangat itu perlu dipertahankan.  Kita bersama melakukan penanggulan bencana alam dan  bergerak secara bersama memutus rantai penyebaran covid-19 di Talaud,” ujar Oni. (jun)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply