Buka Pelatihan Tata Kelola Destinasi Wisata dan Home Stay, Wabup MAP Beber Potensi Pariwisata Talaud

Buka Pelatihan Tata Kelola Destinasi Wisata dan Home Stay, Wabup MAP Beber Potensi Pariwisata Talaud
Wakil Bupati Muktar Arunde Parapaga memberikan arahan kegiatan pelatihan tata kelola destinasi wisata dan home stay di Talaud (Foto: JUN/MMC)

Talaud,megamanado.com-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Talaud  menggelar pelatihan pelatihan tata kelola destinasi wisata dan home stay, Kamis (22/10/2020).  Pelatihan yang digelar di Aula Penginapaan Kanaan itu dihadiri sejumlah kepala desa, beberapa tokoh adat dan masyarakat serta pelakua pariwisata di Bumi Porodisa.

Dua narasumber yakni Ketua Asita Sulut Merry Karoan dan dosen Unika de La Salle Manado Jelly Walasendouw menyampaikan tips bagaimana mengelola  dan mempromosikan potensi wisata Taluad yang luar biasa di antaranya Pulau Sarra  dan destinasi air terjun Tadunan Ampapitu di Desa Rusoh.

Suasana pelatihan (Foto: JUN/MMC)

Sementara Wakil Bupati Muktar Arunde Parapaga (MAP) yang membuka kegiatan pelatihan ini menyebut perlunya dibuka destinasi wisata untuk mendorong perekonomian daerah dan pendapatan asli daerah atau PAD.  “Jadi selain tempat bersantai, keberadaan suatu obyek wisata bisa meningkatkan perekonomian masyarakat,” ucapnya.

Demi tertibnya pengelolaan, Pemkab Talaud akan membuat peraturan bupati atau Perbup. “Perbub ini untuk mengatur retribusi untuk para pengunjung dan pemilik jasa kapal dan speedboat, supaya tidak ada lagi keluhan dari pengunjung mengenai turun naiknya tarif angkutan laut.  Selanjutnya para pengunjung sudah bisa ditagih retribusi ketika memasuki wisata,” kata MAP.

Lanjut dia, pariwisata merupakan salah satu program prioritas pemerintahan E2L-MAP. Karena itu Pemkab Talaud sudah mengusulkan anggaran untuk pembangunan destinasi wisata dan sekaligus penginapan mewah untuk para pengunjung di Pulau Sarra dan lokasi lainnya.

Ia mengakui jika banyak wisatawan yang sudah berkunjung ke Pulau Sarra. “Namun wisatawan itu, baik mancanegara maupun lokal tidak suka berlama-lama karena wisata Pulau Sarra belum ditata dengan baik,” kata MAP yang dalam kesempatan tersebut didampingi Kadis Pariwisata  Fanmy Unsong dan Kadis Kesehatan dr Cherry Monangin.

“Untuk itu destinasi wisata di Talaud akan kita kelola dengan baik, kita perbaiki dan fasilitas penunjang dilengkapi wisatawan dalam negeri maupun luar negeri betah saat berkunjung,” kata MAP lagi. (*/jun)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply