Peran Babinsa Cegah Berbagai Masalah di Wilayah Binaan

SANGIHE, megamanado com- Turut berperan serta dalam mencegah terjadinya bencana di wilayah, anggota Babinsa Koramil 1301-07/Tabut Serda Djabur Harindah, Senin (21/9/2020), membantu pembuatan talud penahan longsor di rumah Makbul Makitika salah satu warga Kampung Talolang Lindongan 1 Kecamatan Tabukan Utara.

Pentingnya pembangunan talud sebagai dinding penahan kemiringan tanah, untuk memperbesar tingkat kestabilan tanah agar tidak turun atau longsor. Selain itu, Talud juga dibangun di daerah-daerah yang kondisi tanahnya masih labil. Kebanyakan talud sebagai dinding penahan tanah terbuat dari pasangan batu kali yang diperkuat campuran semen, pasir dan air. Seperti dilakukan Babinsa Serda Djabur Harinda dalam membantu pembuatan talud pada rumah salah satu warga yang terletak di tanah bertebing, hal tersebut merupakan salah satu upaya mencegah terjadinya longsoran tanah yang dapat menimbulkan korban jiwa.

“Pembuatan talud di rumah bapak Makbul Makitika ini bertujuan untuk menahan tanah agar tidak tergerus air yang dapat mengakibatkan longsoran tanah dan merubuhkan rumahnya, apalagi saat ini curah hujan cukup tinggi dan dapat menimbulkan kerawanan longsor,” tutur Babinsa.

“Selaku Babinsa, saya akan terus berupaya menghimbau kepada warga yang bertempat tinggal di titik rawan bencana, serta membantu mencarikan solusi pencegahan ataupun penanganan. Agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,” ujarnya.

Sementara, Makbul Makitika selaku pemilik rumah mengaku sangat senang dengan kehadiran Babinsa, yang membantu pembuatan talud penahan longsor di rumahnya, “Saya sangat berterimakasih atas bantuan bapak Babinsa, yang selalu peduli dan perhatian dengan warganya,” pungkasnya. (e’Q)

Related posts