Jenis Usaha Tidak Sesuai Potensi Desa, 33 BUMDes di Mitra Mangkrak

Jenis Usaha Tidak Sesuai Potensi Desa, 33 BUMDes di Mitra Mangkrak
Germanto Paat (ist)

Mitra, megamanado.com-Keberadaan Badan Usaha Milik Desa  (BUMDes) di Minahasa Tenggara (Mitra) tidak berjalan sesuai harapan. Tenaga ahli pengembangan ekonomi desa Mitra, Germanto Paat membeber data ini.

“Dari 111 BUMDes yang terdata di Mitra, sebanyak 33 BUMDes yang sudah tidak aktif atau mangkrak. Berarti tinggal 78 BUMDes yang masih berjalan,” kata Germanto, Selasa (22/9/2020).

Mangkraknya puluhan BUMDes tersebut menurut  dia karena  pengurus tidak melakukan kajian sesuai potensi desa. Pemilihan jenis usaha berdasarkan evaluasi Germanto hanya atas keinginan pengurus.

Untuk itu, Germanto dan tenaga pendamping desa lainnya di Mitra terus melakukan pembenahan dan memberikan pendampingan kepada pengurus BUMDes. Tim pendamping mewajibkan pengurus BUMDes untuk melakukan presentase rencana kegiatan di tahun 2021.

Rencana itu harus mengacu pada potensi desa. Rencana tersebut menjadi prasyarat yang harus disertakan untuk permintaan penyertaan modal.

 “Pendamping desa semua tingkatan hanya mendampingi dan memberikan masukan kepada BUMDes dalam melakukan proses perencanaan, pelaksanaan, pengembangan dan pelaporan. Tugas pengawasan sesungguhnya ada pada Badan Pengawas yang dibentuk Pemerintah Desa dan BPD,” ujar Germanto. (dol)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply