Gaghana Gerakkan Kemandirian Pangan di Sangihe

Gaghana Gerakkan Kemandirian Pangan di Sangihe

SANGIHE, megamanado com- Aksi nyata Pimpinan Daerah dalam menggerakan kemandirian pangan lewat tanaman holtikultura dan mempertahankan ketahanan Pangan di Kabupaten Kepulauan Sangihe, terus dipacu Bupati Jabes Ezar Gaghana. Hal ini di buktikan Bupati, Selasa (22/9/2020), Bupati Kabupaten Kepulauan Sangihe, memberikan motivasi untuk memberdayakan para petani di lahan perkebunan di Kampung Gunung Kecamatan Tabukan Tengah, dengan melakukan penanaman cabe, tomat dan caisin.

Bupati hadir bersama sejumlah pimpinan OPD, seperti Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Sherly Lalu, Kepala Bagian Protokol Informasi Pimpinan, Frangky Nantingkaseh, Para Penyuluh, Camat Tabukan Tengah, Gift Matantu, pengurus dan anggota kelompok tani Sumombo dan Masyarakat Kampung Gunung.

Di temui media ini, Bupati pilihan rakyat ini menjelaskan,
ini adalah Program untuk ketahanan pangan di Kabupaten Sangihe, sekaligus program untuk menggerakan keluarga untuk memperkuat ketahanan pangan diwilayah masing-masing.

”program ketahanan pangan ini, bertujuan untuk mengerakan masyarakat Sangihe, untuk dapat memanfaatkan setiap lahan yang ada di sekitar kita, dari pada lahan itu tidak bermanfaat, atau lahan tidur, lebih baik kita olah menjadi lahan produktif,” jelas Gaghana.

Sementara itu, Kepala dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Kepulauan Sangihe, Sherly Lalu, SE menyampaikan terima kasih kepada Kementerian Pertanian khususnya Badan Ketahanan Pangan Pusat yang telah mengalokasikan untuk pertanian keluarga di dua lokasi yaitu,di kampung Gunung Tabukan Tengah dan di kecamatan selatan Tenggara Kampung Pintareng.

“Dua kegiatan ini dananya cukup besar setiap kelompok mendapat dana Rp 200 Juta dan langsung dananya ditransfer ke kelompok, mudah-mudahan dengan kegiatan ini pertanian di Kabupaten Kepulauan Sangihe boleh meningkat, sehingga masyarakat kita bisa menikmati pangan lokal,” ucap Lalu.

Kapitalaung Kampung Gunung Alberson Humune juga menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Daerah dan Pemerintah Pusat yang telah mengalokasikan dana untuk pengembangan pertanian di Kampung Gunung.

“Atas nama Pemerintah Kampung Gunung kami menyampaikan banyak terima kasih kepada Pemerintah Daerah dan Pemerintah Pusat telah mengalokasikan dana untuk pengembangan pertanian di Kampung Gunung,”tutupnya. (e’Q)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply