Bawaslu Minsel Datangi Rumah Warga yang Dicoklit

Bawaslu Minsel Datangi Rumah Warga yang Dicoklit
Ketua Bawaslu Minsel Eva Keintjem (ist)

Amurang, megamanado.com-Komisi Pemilihan Umum (KPU) sementara melaksanakan tahapan pencocokan dan penenilitian (coklit) data pemilih Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 9 Desember 2020. Kegiatan atau tahapan ini juga menjadi perhatian Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Minahasa Selatan (Minsel).Ya, Bawaslu Minsel akan menjalankan fungsinya dengan baik untuk mengawasi tahapan tersebut.

Ketua Bawaslu Minsel Eva Keintjem menyebut ada kesulitan awal dalam tahapan pengawasan coklit itu. Kesulitan itu paling utama adalah minimnya keterlibatan Petugas Pemutahiran Data Pemilih (PPDP) dan tak adanya data pemilih A-KWK.

Ketua Bawaslu Minsel turun langsung melakukan pengawasan tahapan pilkada (ist)

Menurut dia, tahapan coklit seharusnya didampingi Panwasdes. Sebab, pemutahiran data pemilih merupakan awal terjadinya kecurangan.

Ia sendiri mengalami itu saat di-coklit. “Tidak ada Panwasdes yang mendampingi PPDP,” ucap Keintjem kepada wartawan di Amurang, Selasa (11/8/2020).

Untuk itu, Bawaslu Minsel menyiapkan formula khusus pengawasan tahapan coklit ini. “Bawaslu Minsel akan melaksanakan pengawasan mandiri. Panwasdes dan Panwaskel harus ikut dengan petugas PPDP saat melakukan coklit,” kata Keintjem.

Bawaslu Minsel, lanjut dia, akan mendatangi rumah-rumah yang dicoklit. “Apabila ada nama yang dicurigai atau disengaja tidak didata, maka langsung dijadikan temuan,’’ ungkapnya.

Bawaslu Minsel ingin meletakkan aturan dengan baik dalam pengawasan dan menginginkan semua rakyat yang punya hak pilih dapat memilih saat Pilkada.

 ‘’Sebaiknya, mereka yang tidak sesuai syarat juga tidak dapat memilih. Intinya, disitu soal hak untuk memilih, agar Pemilu dapat berjalan sesuai harapan kita. Jangan ada yang kehilangan hak pilih atau sebaliknya,’’kata Keintjem lagi. (*/grey)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply