Kodim 1301/Sangihe Serahkan Zakat Fitrah Ke Panitia Zakat Mil Masjid At Taqwa Malapintu


SANGIHE, megamanado com- Menjelang perayaan Idul Fitri 1441 Hijriah, masyarakat mulai bersiap-siap membayar zakat fitrah, begitu juga dengan anggota Kodim 1301/Sangihe. Bertempat di Mushola Makodim 1301/Sangihe, Panitia Penerimaan Zakat Fitrah terus menerima Zakat dari anggota kodim. Hal ini dilakukan oleh  Komandan Kodim 1301/Sangihe Letkol Inf Rachmat Christanto S.I.P dan anggota saat membayar Zakat fitrah, Jumat (22/05/2020).

Waktu membayarkan Zakat
Komandan Kodim 1301/Sangihe Letkol Inf Rachmat Christanto S.I.P mengatakan bahwa, setiap umat islam wajib mengeluarkan zakat ditiap tahun tepatnya pada bulan puasa ramadhan, apabila sudah memenuhi syarat–syarat yang telah ditentukan.

“Baik zakat fitrah maupun zakat mal atau harta yang sudah menjadi kewajiban umat Islam akan disalurkan kepada warga yang berhak menerima guna membantu meringankan beban saudara kita yang kurang mampu. Sehingga apa yang kita nikmati, juga bisa dinikmati oleh saudara saudara kita,” ujar Komandan Kodim.

Selain itu pembayaran Zakat ini bertujuan untuk membersihkan harta dan batin seseorang, agar bisa terhindar dari sifat takabur dan kurang peduli sesama.

“Zakat ini dibayarkan dalam bentuk uang tunai maupun beras yang harus dilakukan umat beragama muslim sebelum batas akhir atau sebelum waktu shalat Idul Fitri,” Tambahnya

Pembayaran Zakat Fitrah Anggota Kodim 1301/Sangihe hingga pukul 16.30 wita terdaftar 31 orang anggota Kodim 1301/Sangihe dan istri  terkumpul sebanyak Uang Tunai Rp. 630.000, 00 dan Beras sebanyak 22,5 Kg, dan Zakat Fitrah akan diserahkan kepada Ketua pengurus panitia Zakat Fitrah Masjid At Taqwa Malapintu Kecamatan Tahuna.

Zakat Fitrah prajurit Kodim diterima langsung oleh Ustad Achmad Markus selaku Ketua pengurus panitia Zakat Fitrah Masjid At Taqwa Malapintu Kecamatan Tahuna dan Zakat ini nantinya akan kita disalurkan kepada orang yang berhak seperti orang fakir, orang miskin, Amil, Mu’alaf, riqab/Memerdekakan Budak, Gharim/orang yang memiliki Hutang, Fi,sabilillah dan Ibnu Sabil..

Sementara itu Ketua pengurus panitia Zakat Fitrah Masjid At Taqwa Malapintu Kecamatan Tahuna Ustad Achmad Markus, mengapresiasi dan menyambut baik atas kedatangan pengurus Mushola Kodim 1301/Sangihe untuk memberikan Zakat kepada Masjid At Taqwa.

“Kami sangat terharu karena  Kodim 1301/Sangihe begitu sangat perhatian dan mempercayakan zakat fitrahnya kepada Masjid At Taqwa , saya sebagai Ketua pengurus mengucapkan banyak terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada  Kodim 1301/Sangihe serta pengurus Mushola atas kebaikan dan keikhlasannya,” ungkapnya. (e’Q)

Related posts