Roy Mewoh Sampaikan Tiga Prioritas Pemanfataan Dana Desa di Tengah Pandemi Covid-19

Roy Mewoh Sampaikan Tiga Prioritas Pemanfataan Dana Desa di Tengah Pandemi Covid-19
Roy Mewoh (ist)

Manado, MMC –Pemerintah pusat telah mengeluarkan petunjuk teknis (juknis) pemanfaatan dana desa (dandes) di tengah pandemi coronavirus disease atau covid-19.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Sulawesi Utara Roy Mewoh mengakui bahwa juknis pengelolaan dandes telah dikantonginya. Dari juknis itu, ada tiga prioritas yang perlu dilakukan semua desa di daerah Nyiur Melambai.

“Pertama padat karya, kedua untuk penanganan covid-19 dan ketiga bantuan langsung tunai,”kata Mewoh kepada wartawan di Kantor Gubernur Sulut, Rabu (22/4/2020).

Padat karya tunai menurut mantan Plt Bupati Minahasa ini diberikan karena banyak masyarakat yang mata pencahariannya mati akibat adanya pandemi Covid-19. “Jadi, pemerintah kasih prioritas kepada masyarakat yang benar-benar terdampak,” jelasnya.

Selanjutnya untuk penanganan covid-19, desa harus mendukung program pemerintah. “Setiap desa wajib siapkan sarana dan prasarana penanggulangan covid-19 seperti, tempat cuci tangan, masekr dan sebagainya,” ucapnya.

Sementara untuk bantuan langsung tunai diberikan kepada warga yang tidak termasuk pada program dinas sosial, yaiu bantuan non pangan dan program keluarga harapan. “Akan diberikan bantuan langsung tunai Rp600.000 per bulan selama tiga bulan,” ujarnya.(*/dow)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply