Komisi III Tegaskan Pemkot Manado Langgar Aturan Terkait Insinerator

Komisi III Tegaskan Pemkot Manado Langgar Aturan Terkait Insinerator

Komisi III DPRD Manado saat melakukan kunjungan di Dinas Lingkungan Hidup Pemprov DKI Jakarta, Kamis (26/2/2020).

Manado, MMC — Terkait polemik pengadaan alat pembakar sampah (insinerator) oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Manado, Komisi III DPRD Manado melakukan kunjungan kerja (kunker) di Dinas Lingkungan Hidup (DLH) DKI Jakarta, Kamis (27/2/2020) kemarin.

Anggota Komisi III, Lucky Datau mengatakan, tujuan kunker ini untuk mengetahui manfaat dari insinerator tersebut karena pemerintah provinsi DKI Jakarta adalah salah satu kota yang menggunakan insinerator.

“Ternyata Pemprov DKI Jakarta sejak tahun 2017 telah menghentikan penggunaan alat insinerator ini dikarenakan ambang batas baku mutu emisi yang dihasilkan sesuai Peraturan Menteri (Permen) LHK Nomor 70 tahun 2016,” kata Lucky.

Komisi III DPRD Manado saat melakukan kunjungan di Dinas Lingkungan Hidup Pemprov DKI Jakarta, Kamis (26/2/2020).

Lebih lanjut, Lucky menilai pengadaan insinerator oleh pemerintah kota (Pemkot) Manado sangat tidak sinkron dengan Permen LHK 70/2016 tersebut. Sehingga timbul pertanyaan mengapa alat ini sampai diadakan dengan anggaran yang cukup besar? Ada apa dengan pengadaan alat ini?

“Pengadaan insinerator  bukan cara satu-satunya menyelesaikan permasalahan sampah yang ada di kota Manado karena sangat jelas peraturannya,” tegas Lucky.

Politisi PAN ini juga menjelaskan, sebelum ada Permen LHK, persyaratan penempatan alat ini harus minimal 500 meter dari pemukiman penduduk, dan sistem pembakarannya bukan seperti yang dijelaskan oleh pihak ketiga, yang mana semua sampah langsung masuk.

“Harusnya sampahnya dipilah dulu,  salah satu contoh sampah plastik, jika masuk dalam inainerator paling banyak 20 perse karena sampah plastik termasuk sampah B3 (Bahan Berbahaya dan Beracun),” pungkasnya.(wan)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply