Rapimnas HKTI, SAS dan HKTI Sulut Perjuangkan Kenaikan Harga Cengkih dan Kopra

Rapimnas HKTI, SAS dan HKTI Sulut Perjuangkan Kenaikan Harga Cengkih dan Kopra
Ketua HKTI Sulut Syerly Adelyn Sompotan dan sejumlah pimpinan HKTI kabupaten dan kota dari daerah Nyiur Melambai saat Rapimnas HKTI di Jakarta (ist)

JAKARTA, MMC – Harga jual cengkih dan kopra yang makin anjlok menjadi perhatian khusus Ketua Dewan Pimpinan Provinsi (DPP) Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Sulawesi Utara (Sulut), Syerly Adelyn Sompotan atau SAS. Mengingat puluhan ribu warga Nyiur Melambai menggantungkan hidupnya pada dua komoditi tersebut, SAS pun berupaya supaya harga cengkih dan kopra kembali normal.

Wanita cantik itu memaparkan kondisi terkini petani cengkih dan kopra Sulut akibat anjloknya harga di pasaran saat berlangsung Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) HKTI di Hotel Discovery Ancol Jakarta, Sabtu (9/10/19). SAS di hadapan Ketua Umum Dewan Pengurus Nasional (DPN) HKTI,  Jenderal TNI (Purn) Moeldoko tak sungkan memperjuangkan kenaikan harga cengkih dan kopra. “Kiranya lewat forum ini dapat merekomendasikan kepada pihak terkait untuk menaikan agar supaya para petani diuntungkan dan tidak mengalami kerugian,” ujar Wakil Wali Kota Tomohon itu.

SAS juga telah melakukan koordinasi dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulut guna pemanfaatan produk minyak kelapa yang diproduksi petani lokal. Selain itu, ia juga menyampaikan perkembangan dan konsolidasi organisasi HKTI sudah dan sementara di beberapa kabupaten/kota di Provinsi Sulut.

Sebelumnya, Moeldoko saat membuka Rapimnas ini menyebut sektor pertanian tidak bisa dilepaskan dari pertumbuhan ekonomi. “Sektor pertanian bisa tumbuh karena ada peran petani di dalamnya. Tanpa petani sektor pertanian tidak akan berkembang,” jelas Kepala Staf Kepresidenan RI.

Hadir pada Rapimnas diantaranya, Menteri Pertanian RI Syahrul Yasin Limpo, jajaran DPN HKTI, Ketua Dewan Pakar Prof DR Orbanus Naharia dan pengurus HKTI se-Indonesia.

SAS sendiri hadir didampingi Wakil Ketua Suliut Ferry Keintjem. Sejumlah Ketua HKTI kabupaten dan kota dari daerah Nyiur Melambai juga setia menemani SAS dan mengikuti Rapimnas. Mereka adalah Joppi Lengkong (Minut),  Maikel Walewangko (Bitung),  Meikel Maringka (Manado)  dan Rasky Mokodompit (Bolmong). (nji)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply