Jumlah Pengangguran 36.429 Orang, Bupati Sangihe Lobi ke Dirjen Binalattas Kemnaker RI Pembangunan BLK

Jumlah Pengangguran 36.429 Orang, Bupati Sangihe Lobi ke Dirjen Binalattas Kemnaker RI Pembangunan BLK
Bupati Jabes Gaghana dan tim di Kementerian Tenaga Kerja RI (foto: ist)

TAHUNA– Komitmen Bupati Jabes Gaghana ME untuk mengatasi masalah ketenagakerjaan di Kabuoaten Sangihe terutama perluasan dan penciptaan lapangan kerja baru bagi masyarakat sangihe terus dilakukan.  Terbukti, Kamis (16/5) Bupati melakukan lobi ke Dirjen Binalattas Kemnaker RI untuk rencana pembangunan Balai Latihan Kerja (BLK) di Kabupaten Kepulauan Sangihe.

Menurut bupati, kehadiran BLK di Sangihe menjadi solusi untuk peningkatan skill, kompetensi dan kapabilitas tenaga kerja yang siap pakai dan terserap di pasar kerja produktif.

“Dengan akan dibangunnya BLK di Kabupaten Sangihe, akan sangat membantu pemuda-pemudi Sangihe untuk memperoleh pelatihan-pelatihan kerja. Apalagi, ilmu yang diperoleh nanti  juga dapat dibagikan ke sanak keluarga dan teman sejawat agar peluang pekerjaan semakin terbuka,” tutur Gaghana.

Lanjut bupati, mengingat kondisi ketenagakerjaan di Sangihe saat ini dari jumlah pengangguran terbuka 36.429 orang di dominasi lulusan SMK/SMA, SMP dan SD yang tidak mampu diserap oleh lapangan kerja formal.

“Karena itulah perlu di lakukan terobosan melalui pelatihan vokasi (kejuruan) maupun diklat di BLK.Apalagi, jurusan yang dibutuhkan pasar kerja saat ini adalah teknisi komputer, teknisi AC, teknisi HP, teknisi mesin/motor laut, loundry, salon, pangkas rambut, dan tukang las,” kunci Gaghana. (eky)

example banner

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply