Marak Pungli, Kadis Diknas Minsel Disorot

Marak Pungli, Kadis Diknas Minsel Disorot

Amurang– Pelopor Angkatan Muda Indonesia Perjuangan (PAMI-P) kembali angkat bicara soal dugaan banyaknya pungli di tingkat satuan pendidikan Minahasa Selatan. Bahkan Kadis diknas dituding kurang tegas hingga terkesan seakan membiarkan.

Menurut ketua harian DPP PAMI-P Maykel R. Tielung SE SH, dirinya prihatin dengan keluhan sejumlah siswa hingga orang tua murid. “Kami prihatin dengan keadaan di dunia pendidikan Minahasa Selatan, masih banyak orang tua murid hingga siswanya yang mengeluhkan biaya yang di setorkan ke pihak sekolah. Biaya yang demikian jika tidak masuk dalam program retribusi pendidikan yang resmi tentunya merupakan pungutan liar. Ini mencederai dan mencoreng dunia pendidikan Minsel. Ini bertentangan dengan perjuangan Bupati yang sangat peduli dengan dunia pendidikan,” ujarnya Senin (11/2/2019).

Dirinya menambahkan, Kadis Diknas jangan tinggal diam terkait hal ini. “Ya, kuncinya kepala SKPDnya harus proaktif. Beliau harus mampu menjawab kerinduan masyarakat untuk merubah image dunia pendidikan yang trasparan dan tanpa pungutan liar. Jika masih terjadi itu tandanya beliau tak mampu. Lebih baik mengundurkan diri dari jabatan saja,”ujar Tielung yang juga sebagai Advokat.

Disisi lain, Tielung menduga oknum Kadis Pendidikan Minsel melakukan kongkalikong dengan sejumlah kepala sekolah. ” Sebaiknya oknum Kadis Diknas tunjukan kerja nyata. Jangan banyak kongkalikong dengan pihak sekolah dalam hal ini Kepala Sekolah selaku bawahan. Ada banyak informasi terkait keterlibatan beliau dengan pihak sekolah yang orientasinya ke materi. Jangan jadikan jabatan sebagai pijakan untuk melobi kepentingan pribadi,” paparnya.

Bahkan menurutnya ada sejumlah proyek di Diknas Minsel yang diduga bermasalah. “Ya, ada proyek yang bermasalah dan tentunya beliau selaku Kadis mengetahuinya. Kami tidak akan tinggal diam dalam hal ini,” pungkasnya.

Sementara Kadis Diknas Minsel Fietber Raco saat dihubungi melalui ponselnya sedang tidak aktif. (Nji)

example banner

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply