300 Unit Tenaga Surya untuk Sulut, Rida Mulyana Puji Perjuangan Bara Hasibuan di Pusat

Foto bersama usai acara (foto: istimewa)

MINAHASA-Sulawesi Utara (Sulut) mendapat bantuan 300 unit tenaga surya untuk penerangan jalan umum dari Kementerian ESDM, khususnya Dirjen Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE). Penyerahan 300 unit itu dilakukan secara simbolis di Talikuran Satu, Sonder, Minahasa, Jumat (8/2/2019).

Dirjen EBTKE Rida Mulyana mewakili Kementerian ESDM yang meresmikan proyek tersebut. Kepada wartawan Mulyana mengapresiasi perjuangan Bara Hasibuan Walewangko di DPR RI. Satu dari enam wakil di Sulawesi Utara (Sulut) di Senayan itu menurut Mulyana begitu getol mengupayakan berbagai program dan bantuan dari pusat untuk daerah Nyiur Melambai.

Read More

“Sulut terus mendapatkan prioritas bantuan dari pusat karena perjuangan Pak Bara. Kami sering berkomunikasi dan berdiskusi berbagai hal. Perjuangannya untuk Sulut layak diapresiasi dan diacungkan jempol,” kata Muyana.

300 unit ini sendiri tersebar pada beberapa daerah di Sulut. Minahasa mendapatkan porsi terbanyak dengan 141 unit.

Sambutan anggota DPR RI Bara Hasibuan Walewangko (fto: istimewa)

Bara yang ikut hadir pada peresmian dan penyerahan simbolis tersebut menyampaikan terima kasih kepada Kementerian ESDM, khususnya Dirjenn EBTKE yang memberi perhatian besar untuk pembangunan energi di Sulut. “Saya juga mengapresiasi kinerja Dinas ESDM Sulut di bawah pimpinan BA Tinungki selaku kepala dinas dan semua pihak yang mendukung sehingga program ini bisa berjalan dengan baik,” ucapnya.

Selaku wakil Sulut di DPR RI, putra asal Sonder yang pernah menjadi staf khusus Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Colinn Powel ini akan berupaya untuk memastikan bantuan bagi provinsi paling utara di Pulau Sulawesi tersebut. “Iya, ini merupakan salah satu bagian dari tanggung jawab saya sebagai wakil Sulut di Komisi VII DPR RI untuk memastikan bantuan dari pusat terutama di bidang Energi agar dapat tersalurkan secara maksimal untuk Sulut,” katanya.

Doktor lulusan Harvard University ini berharap Pemerintah Desa dan masyarakat menjaga dengan baik fasilitas PJUTS itu. “Kita jaga dengan baik supaya dapat dimanfaatkan untuk jangka panjang,” ucapnya.

Hadir dalam acara tersebut, Kepala Dinas ESDM Sulut BA Tinungki mewakili Gubernur dan Kadis Perdagangan Kabupaten Minahasa mewakili Bupati Minahasa. (nji)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *