Ratusan Warga Langowan Keracunan, Diduga Mengkonsumsi Mie Bakso

Ratusan Warga Langowan  Keracunan, Diduga Mengkonsumsi Mie Bakso

Megamanado–Langowan. Sedikitnya 102 orang warga Kecamatan Langowan, Kabupaten Minahasa Sulawesi Utara, diduga mengalami keracunan usai mengkonsumsi mie bakso, Rabu (02/01/2019), yang dijual di samping SMA Kristen Waleure Kecamatan Langowan Timur Kabupaten Minahasa.

Informasi yang dihimpun, para korban ditengarai mengalami keracunan usai menyantap bakso yang dijual oleh Sugianto dan Suti, suami istri asal Jawa yang tinggal di Desa Walantakan jaga 2 Kecamatan Langowan Timur.

Keterangan Polsek Langowan Timur melalui Kasubag Humas Polres Minahasa, berdasarkan keterangan dari salah satu korban yang bernama Denis Sumual umur 29 thn warga Desa Amongena Tiga Kecamatan Langowan Timur, menjelaskan bahwa korban makan bakso sekitar jam 08.30 wita, sekitar 2 jam kemudian korban merasa pusing dan mual-mual serta merasa kedinginan.

Baca juga:   Kesejahteraan dan Kesehatan Warga Jadi Perhatian Khusus Pansus Bank SulutGo dan Limbah

Karena panik, keluarga membawa korban ke RSUD Noongan dan mendapat perawatan dari tim medis. Dugaan sementara dari hasil diagnosa Dokter jaga bahwa korban mengalami keracunan makanan.

Pada saat bersamaan, di RSUD Noongan juga ada 6 pasien yang diduga mengalami hal yg sama yaitu keracunan makanan setelah menyantap makanan mie bakso milik dari mas Sugianto.

Kembali pihak kepolisian mendapat informasi dari Rumah Sakit Budi Setia Langowan, ada 8 orang pasien yang sedang dirawat, diduga karena keracunan setelah mengkonsumsi makanan yang sama.

Sementara keterangan dari mas Sugianto penjual bakso, menjelaskan bahwa ia membeli bahan-bahan untuk menjual mie bakso meliputi daging sapi dibeli dari tempat pemotongan milik dari Ibu Selvi Massie sebanyak 30 kg, digiling sekitar jam 07.30 wita di kompleks Telkom milik dari bapak Haji Sukino. kemudian baksonya diolah di rumahnya di Walantakan.

Baca juga:   Pangdam Merdeka Cup 2018 di Megamall, Humiang Minta Federasi Yongmoodo Sulut Genjot Prestasi Atlet

Selanjutnya Sugianto membeli mie di tempat penjualan mie milik ibu EVA di Desa Amongena Dua Kecamatan Langowan Timur. Setelah selesai meramu sekitar jam 08.30 wita, sudah selesai meramu merekapun mulai menjual dan melayani pembeli.

Kepolisian Langowan Timur yang dipimpin Kapolsek Iptu Mardy F C Tumanduk SH, langsung mengamankan lokasi penjualan mie bakso dgn memasang garis polisi.

Pihak Kepolisian langsung mengamankan sejumlah barang bukti berupa berupa bakso, air kaldu bakso, mie basah, sayur kol, bawang goreng serta kecap, saus tomat, cuka juga air minum.

Dari informasi hasil indentifikasi para korban keracunan, data sementara Jumlah korban yang di rawat :
-Rumah Sakit Noongan : 32 Orang.
-Rumah Sakit Budi Setia : 64 Orang.
-Puskesmas : 6 Orang.

Sedangkan dari informasi yang didapat media ini, masih banyak korban keracunan yang belum sempat melapor. Salah satu korban diantaranya adalah Brayen Silom, wartawan indobrita. (Nji)

Warga korban keracunan yang dirawat di Rumah Sakit Noongan (gbr Jilly)

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply