Manguni Cyber Sulut Sepakat Wujudkan Pemilu Aman, Damai, Sejuk Tanpa Hoax

Manguni Cyber Sulut Sepakat Wujudkan Pemilu Aman, Damai, Sejuk Tanpa Hoax

MANADO, MMC — Mewujudkan Pemilu 2019 yang aman dan damai menjadi satu kepedulian spesial daei Komunitas “Manguni Cyber Sulut” dibawah binaan Kombes Pol. Pitra Ratulangi yang adalah cucu dari salah satu Pahlawan Nasional Dr.GSSJ Ratulangi atau dikenal dekat dengan sebutan Sam Ralangi. Selasa, (18/12/18)

Manguni Cyber Sulut” (MCS) memprakarsai kegiatan Petisi Netizens Sulut “Tolak Hoax, Mendukung Pemilu 2019 Aman, Damai dan Sukses”, Jumat (14/12/18), malam, di Orchid Room Fourpoints By Sheraton Manado.

Menggencarkan gerakan tolak hoax ini dihadiri oleh Kasatgas Nusantara Polri, Irjen Pol Gatot Eddy Pramono, Wakapolda Sulut, Brigjen Pol Karyoto beserta Pejabat Utama Polda Sulut, juga Pembina MCS, Kombes Pol Pitra Ratulangi, para netizen, unsur Ormas dan LSM.

Kasatgas Nusantara sangat mengapresiasi terlaksananya kegiatan ini, dimana kita akan memasuki Tahun 2019 yang adalah tahun yang menentukan Masa Depan Bangsa Indonesia melalui Pemilihan Presiden, Wakil Presiden, Anggota Parlemen DPD RI, DPR RI, DPRD Kabupaten/Kota.

Baca juga:   Harga Cengkih Kembali Anjlok, Setli Kohdong Cs Ketuk Hati Pengusaha Rokok

“Pasalnya, menjelang Pemilu ini ada potensi-potensi kerawanan, salah satunya adalah penggunaan media sosial di dalam berkampanye,” ujarnya.

Disebutkan juga, melakukan black campaign dengan menggunakan berita-berita Hoax, Ujaran Kebencian atau mengangkat Isu-isu SARA harus dihentikan. “Oleh karena itu, kita bersama Netizens di Sulut berupaya untuk meminimalisir hal tersebut,” ajaknya.

Cara meminimalisasi

Dikatakan, ada beberapa cara untuk meminimalisasi berita hoax dan black campaign tersebut.

“Di antaranya, mengajak masyarakat untuk berinternet positif dalam menggunakan media sosial, serta mencermati berita dengan baik sebelum membagikannya atau ‘Saring sebelum Sharing’,” Demikian Irjen Pol Gatot Eddy Pramono.

Sebagai tanda menolak Hoax seluruh peserta membubuhkan tanda tangan di atas Spanduk serta mendukung Pemilu 2019 yang Aman, Damai, Sejuk tanpa Hoax.

Sementara itu, Pitra Ratulangi, mengatakan, Kasatgas bersama dirinya diundang oleh panitia dari MCS untuk menghadiri kegiatan Petisi Netizens “Tolak Hoax, Mendukung Pemilu 2019 Aman, Damai dan Sukses”.

Baca juga:   Sebarkan Materi Kampanye Calon Legislatif, Dua ASN Dipanggil ke Kantor Bawaslu Sitaro

“Kegiatan ini sangat positif dalam upaya menanggulangi berita-berita hoax di media sosial (Medsos). Dan saya mengapresiasinya, karana ungkapan menolak hoax ini telah muncul secara sadar dari para Netizens (warganet) yang ada di Sulawesi Utara (Sulut),” katanya.

Disebutkan, hal tersebut sangat efektif demi bertumbuhnya daya tangkal warganet di Sulut dalam memahami maraknya berita-berita hoaks, hatespeech yang terkait dengan kontestasi Pemilu 2019.

“Sehingga, dengan niat yang muncul sendiri dara para Ney\tizens ini, telah membentuk sikap dasar Netizens yang tidak mudah percaya dan tidak ikut men-share konten-konten berita sebelum diyakini kebenarannya,” ujarnya lagi.

Bawa hawa positif

Langkah para Netizen Sulut menyatakan petisi tolak hoax ini, menurutnya, akan sangat membantu meredam berkembangnya berita-berita hoax dan hatespeech yang terkait kontestasi politik di Indonesia saat ini.

Baca juga:   Gaji Kecil, Honorer Curhat di Reses Kalangi

“Kita semua berharap apa yang dilakukan oleh para Netizens di Sulut dengan mendeklarasi menolak hoax ini akan membawa hawa positif dan menular kepada para Netizen yang ada di spektrum dunia maya Nusantara Indonesia. Karena kegiatan para Netizens Sulut ini secara tidak langsung telah mendukung suksesnya Pemilu 2019 yang aman damai dan sejuk,” demikian Pitra Ratulangi.

Ia bersama Kasatgsas Nusantara, Irjenpol Gatot Eddy Pramono, sangat mengapresiasi dan bangga dengan inisiatif para Netizen Sulut ini yang telah bertekat tolak hoax. Juga mendeklarasikan mendukung Pemilu 2019 yamg aman damai dan sukses ini.

“Hal tersebut sejalan dengan misi Satgas Nusantara sebagai cooling sistem dalam upaya menciptakan Pemilu 2019 yang aman damai dan sejuk,” ujar Gatot Eddy Pramono, seperti dilaporkan Rudy Prantjis. Seperti yang di lansir dari Benderranews.com.

(Redaksi)

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply