Warga Desa Lumpias Keluhkan Penyaluran Rastra, Mentang : “Pembagian Bantuan Sesuai Data Dinsos PMD Minut”

Warga Desa Lumpias Keluhkan Penyaluran Rastra, Mentang : “Pembagian Bantuan Sesuai Data Dinsos  PMD Minut”

MINUT, MMC – Penyaluran Bantuan Beras Sejahtra (Rastra) bagi warga kurang mampu yang ada di Desa Lumpias Kecamatan Dimembe Kabupaten Minahasa Utara, diduga tak sesuai dengan peruntukan alias salah sasaran.

Dari Informasi yang di peroleh media ini, semenjak tahun 2017, ada beberapa warga masyarakat kurang mampu tidak mendapatkan hak mereka (Rastra) selama 9 bulan. Begitu pula di tahun 2018, hal yang sama juga dialami warga.

“Pada tahun 2017 lalu hanya Bulan Juni, September, Oktober Kami menerima Bantuan dengan biaya Rp 25.000/15Kg. Sembilan bulan sebelumnya, kami tidak mendapatkan bantuan beras tersebut dengan alasan kehabisan Stok Beras, namun di bulan januari 2018 kami mendapatkan bantuan beras 10 Kg dengan bayaran Rp 28.000, setelah itu bulan Februari sampai bulan Oktober kami kembali tidak mendapatkan bantuan tersebut dengan alasan yang tidak jelas. Setelah masuk bulan November kami di kabarkan agar mengambil Bantuan Rastra sebanyak 20 Kg dengan tidak dimintai bayaran apapun,” jelas warga.

Kepada Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara dalam hal ini Bupati Vonnie Anneke Panambunan STh, warga masyarakat Desa Wasian berharap agar meninjau kembali kinerja Pemerintah Desa Lumpias yang dituding tebang pilih dalam menyalurkan Rastra kepada masyarakat.

Baca juga:   Permudah Wajib Pajak dan Kedepankan Asas Transparansi, Badan Keuangan Minut segera Luncurkan Aplikasi Sibunga

“Kami sangat mendukung program Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara dalam mensejahterakan masyarakat, tapi kalau kenyataannya seperti ini, kami warga yang kurang mampu, bukannya sejahtera malahan lebih menderita. Kami minta kepada ibu Bupati agar meninjau kembali kinerja Pemerintah Desa dalam hal ini Hukum Tua beserta dengan aparatnya,” harap warga.

Menyikapi laporan warga tersebut, Hukum Tua Desa Lumpias Nixon O Mentang yang kerap disapa Kumtua Roy, saat dikonfirmasi mengatakan penyaluran Rastra sudah tersalurkan dengan baik.

“Semua sudah kami salurkan, dan nama-nama yang menerima bantuan Rastra sesuai data dari Dinas Sosial dan PMD Kabupaten Minahasa Utara, dan itu disalurkan tiap bulan. Di bulan ini, kami menerima bantuan Rastra untuk dua (2) bulan punya yakni bulan November dan Desember, itu pun sudah disalurkan kepada masyarakat yang namanya tertera berdasarkan data yang ada,” kata Mentang, Kamis (6/12/2018).

Baca juga:   Jadi Lokasi KEK Pariwisata, Pemprov Bangun Jalan dari Bandara ke Likupang

Diakui Mentang, bahwa data penerima bantuan Rastra yang ada pada Pemerintah Desa Lumpias itu adalah data tahun 2011, dimana saat sebelum dirinya menjabat sebagai Hukum Tua Desa Lumpias. Mentang sempat mengkonfirmasi di Dinas Sosial dan PMD Kabupaten Minahasa Utara terkait nama-nama penerima bantuan Rastra yang dianggapnya menjanggal.

” Saya sudah pernah konfirmasi ke Dinas Sosial dalam hal ini bidang Kesra agar ditinjau kembali nama-nama penerima bantuan Rastra, jawaban mereka kalau data warga penerima bantuan Rastra itu berdasarkan data tahun 2011 dari pemerintah pusat,” aku Mentang.

Dikatakan Mentang pada tahun 2017 silam, dirinya sempat menanyakan kepada Dinas Sosial dan PMD Minut bidang Kesra, apakah data tahun 2011 tidak bisa diperbaharui karena ada beberapa warga yang dikategorikan mampu, kenapa bisa mendapatkan bantuan Rastra, sedangkan ada warga yang tidak mampu, nama mereka tidak ada dalam data dan tidak menerima bantuan.

“Saya sempat menanyakan pada Kesra apakah data 2011 itu tidak bisa diperbaharui ? Soalnya ada warga yang memiliki mobil, punya usaha, punya kebun kelapa kenapa bisa menerima bantuan ? Sedangkan, kasihan ada janda lansia tidak memiliki rumah, namanya tak tertera dalam data penerima bantuan Rastra dari Kesra. Dari pihak Kesra mengatakan kalau perubahan data itu harus dibuat berita acara sebagai pertanggungjawaban pada pemerintah pusat,” ungkap Mentang.

Baca juga:   Gerogoti Dana Desa Werot, Hukum Tua Terkesan Menghindar

Lanjutnya, ” Jadi, jika ada warga yang mengatakan kalau saya pilih kasih dalam penyaluran Rastra atau ada penyelewengan, itu salah besar. Karena penerima Rastra yang ada pada Pemerintah Desa Lumpias itu adalah data dari Dinas Sosial dan PMD tahun 2011 yang berdasarkan data pemerintah pusat, dan sampai saat ini belum ada perubahan data. Saya sudah sempat memerintahkan kepada kepala-kepala jaga agar memberikan data valid warga yang betul-betul layak mendapatkan bantuan Rastra agar saya bisa mengkonfirmasi serta memperjuangkan data yang ada ke Dinas Sosial dan PMD Minut . Jangan sama seperti data yang sekarang ini, warga yang punya usaha, mobil dan kebun kelapa kok bisa dapat bantuan Rastra, ini kan gila namanya,” tutur Mentang.(RK)

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply