Bupati VAP Hadiri Paripurna Penetapan APBD TA 2019 Di Kantor DPRD Minut

MINUT, MMC – Sempat dua (2) kali tertunda, akhirnya APBD TA 2019 disahkan dalam sidang paripurna yang dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Kabupaten Minahasa Utara Berty Kapojos dan dihadiri oleh Bupati Vonnie Anneke Panambunan STh, Jumat (30/11/2018).

Dari hasil pembahasan badan anggaran DPRD bersama dengan tim anggaran Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara, didapatkan hasil sebagai berikut :

Read More

* Pendapatan Rp 910.469.764.124 (Sembilan ratus sepuluh milyar empat ratus enam puluh sembilan juta tujuh ratus enam puluh empat ribu seratus dua puluh empat rupiah)

* Belanja Rp 919.719.764.134 (Sembilan ratus sembilan belas milyar tujuh ratus sembilan belas juta tujuh ratus enam puluh empat ribu seratus tiga puluh empat rupiah)

* Pembiayaan Rp 9.250.000.000 (Sembilan milyar dua ratus lima puluh juta rupiah

Rapat Paripurna Penetapan Rancangan Peraturan Daerah tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) TA 2019, ada beberapa Fraksi yang mengemukakan pendapat akhir. Fraksi tersebut antaralain, Fraksi Partai PDI-P, Fraksi Partai Gerindra, Fraksi Partai Golkar, Fraksi Partai Demokrat, Fraksi Partai Hanura dan Fraksi Partai Restorasi Keadilan Indonesia beserta dengan catatan-catatannya.

Bupati Kabupaten Minahasa Utara Vonnie Anneke Panambunan STh dalam sambutannya menyampaikan, pembahasan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah TA 2019 yang pada gilirannya bermuara pada peningkatan kesejahteraan masyarakat.

” Catatan-catatan strategi yang disampaikan akan menjadi bahan evaluasi dan koreksi bagi seluruh jajaran pemerintah Kabupaten Minahasa Utara dalam melaksanakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Tahun Anggaran 2019 ini, serta menjadi masukan untuk meningkatkan kinerja pemerintahan ditahun yang akan datang,” tutur Bupati VAP.

Dalam lubuk hati yang paling dalam, Bupati VAP mengucapkan banyak terimakasih serta mengapresiasi kepada pimpinan dan anggota DPRD Kabupaten Minahasa Utara sebagai usaha dan kerja keras yang telah menuai keberhasilan dalam menyelesaikan pembahasan Peraturan Daerah.

Bupati VAP mengingatkan kepada seluruh Kepala Perangkat Daerah yang belum maksimal memberikan dukungan dan perhatian dalam membahas anggaran, agar dalam pembahasan APBD tahun berikutnya untuk wajib sepenuhnya berpartisipasi dan memberikan dukungan guna kelancaran pembahasan.

” Harus diakui, bahwa tidak semua tuntutan dan keinginan masyarakat tercinta ini dapat dipenuhi, karena keterbatasan kemampuan daerah. Oleh karena itu, dengan mengedepankan skala prioritas dan strategi, kita berupaya untuk tetap responsif dan akomoditif pada tuntutan publik. Namun dengan keterbatasan ini, tentunya tidak akan menurunkan semangat berkreasi dan berinovasi untuk menjawab setiap tantangan yang kita hadapi,” ucap Bupati VAP.

Dilanjutkannya lagi,” Semoga komitmen ini tetap konsisten kita menjalankan dalam melaksanakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Tahun Anggaran 2019 ini, dengan prinsip efisien, efektif, adil, transparan dan akutabilitas sehingga benar-benar bermuara pada percepatan pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat Minahasa Utara, ” tukas Bupati VAP.

Diakhir sambutan, Bupati VAP berharap agar kebersamaan yang sudah tercipta dan terbina, akan terus ditingkatkan sehingga terjadi sinergitas positif antara eksekutif dan legislatif sebagai wujud nyata dalam menjawab kebutuhan dan harapan masyarakat Minahasa Utara.

“Pada kesempatan ini juga saya mengajak kita semua untuk bergandengan tangan menjaga stabilitas daerah agar aman dan terkendali dengan tetap menghormati dan menghargai perbedaan dalam keberagamaan,” tutup Bupati VAP. (RK)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *