Pilwako 2021, Pertarungan Politisi Luar Vs Politisi Lokal Manado

Pilwako 2021, Pertarungan Politisi Luar Vs Politisi Lokal Manado
JWS, Noldy Pratasis dan James Sumendap (foto: nji/ist)

MANADO-Pemilihan Wali Kota Manado nanti akan dilangsungkan tahun 2021. Namun, bursa kandidat penerus GS.Vicky Lumentut (GSVL) itu mulai ramai dibicarakan.  B

Bursa calon pemimpin ibukota Provinsi Sulut periode  2021-2025 ini menjadi topik utama di rumah kopi dan sosial media seperti facebook.

Bisa dimengerti mengapa menu  soal ini diminati.  Pertama Manado adalah kota strategis di bibir pasifik, kedua karena semua partai politik mengincar atau membidik jabatan Wali Kota Manado.

Figur-figur yang digadang-gadang aju Pilwako Manado (foto: nji/ist)

“Manado adalah barometer perpolitikan Sulut. Itu sebabnya beberapa politisi luar Manado dikabarkan akan ikut bertarung memperebutkan kursi Wali Kota Manado,” kata pengamat politik  Sulut, Sony Undap kepada wartawan di Manado, Selasa (30/10/2018).

Siapa saja politisi luar Manado yang bakal meramaikan pesta demokrasi  terbesar di kota jasa dan dagang tersebut? Ada nama Bupati Mitra James Sumendap, mantan Bupati Minahasa Jantje Wowiling Sajouw (JWS), mantan Bupati Mitra Telly Tjanggulung,  mantan Bupati Sitaro Tony Supit,  Ketua DPD Gerindra Sulut asal Tomohon Wenny Lumentut, anggota DPRD Sulut Felly Runtuwene dan aktivis vokal asal Minsel Noldy Pratasis.

“Meski dari luar, mereka sudah punya pendukung tersendiri.  Dari nama-nama itu, Noldy Pratasis cukup fenomenal karena satu-satunya aktivis yang didorong sejumlah kalangan maju Pilwako Manado,” ujar Tony Pamansa

Tony menduga Noldy didorong karena berbagai kalangan  karena paham kondisi Manado. “Ia banyak mengadvokasi masyarakat Manado. Noldy juga kerap melontarkan kritikan kepada pemerintah jika menganggap kebijakan itu merugikan warga Manado secara khusus dan masyarakat Sulut pada umumnya,” kata Tony.

Nama-nama beken dari luar itu bisa menjadi ancaman calon-calon yang sudah lama disebut yang juga berasal dari Manado seperti Jimmy Rimba Rogi, Harley Mangindaan, Mor Dominus Bastian, Hanny Jost Pajouw, Andre Angouw, Richard Sualang, Noorte Van Bone, Sanny Parengkuan, Christ Talumepa, James Vandersloot dan Danny Sondakh.

“PIlwako Manado 2021 akan sangat sengit karena kehadiran tokoh-tokoh populis. Warga Manado jadi punya banyak pilihah untuk mendapatkan pemimpin terbaik,”  kata Sonny Undap lagi. (nji)

example banner

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply