Sudah Dibahas dan Dianggarkan DPRD, Bagian Perbatasan Ditingkatkan Jadi Badan Perbatasan

Sudah Dibahas dan Dianggarkan DPRD, Bagian Perbatasan Ditingkatkan Jadi Badan Perbatasan
Kabag Perbatasan Pemkab Sangihe. Bartho Lino (foto: ist)

SANGIHE—Bagian Perbatasan yang ada di lingkungan Sekretariat Kabupaten (Setkab) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Sangihe akan ditingkatkan statusnya menjadi eselon II yakni Badan Pengelolaan Perbatasan (BPP).

Demikian disampaikan Kepala Bagian Perbatasan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sangihe Ir Bartho Lino MBA. Dia menyatakan, sebelum diterapkan tentunya sudah dikoordinasikan bersama instansi atau lembaga terkait guna memastikan proses pergantian ini agar diberlakukan secara bertahap.

“Nantinya Bagian Perbatasan akan menjadi Badan Pengelolaan Perbatasan. Baru-baru ini sudah dibahas melalui Pansus Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kepulauan Sangihe Provinsi Sulawesi Utara (Sulut),” kata dia.

Lanjutnya, tentu pelaksanaannya harus disosialisasikan lebih luas lagi, serta menyikapi arahan Permendagri Nomor 140 Tahun 2017 tentang Pembentukan Badan Pengelola Perbtasan di Daerah.

Baca juga:   Pengunjung Membludak, Petugas Rutan Manado Perketat Penjagaan

“Pemberlakuannya awal Januari 2019 mendatang. Bahkan juga sudah dimasukkan ke dalam pembahasan Kebijakan Umum (KU) Prioritas Platfom Sementara (PPAS) Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) Tahun 2019, dan nantinya pimpinannya menjadi eselon II,” tandasnya.

Dia menambahkan, pemberlakuan dimaksud merupakan perintah dari Undang-Undang (UU) Nomor 43 Tahun 2008 tentang Batas Wilayah, intinya memberi dorongan spirit baru bagi pengguna pengelolaan batas wilayah negara, yakni memberi amanah untuk membentuk sebuah Badan Pengelolaan Perbatasan.

“Ini amanat Undang-Undang, nanti ditindaklanjuti Permendagri, Badan Nasional Pengelolaan Perbatasan (BNPP) Republik Indonesia (RI). Otomatis kalau ada Badan Pengelolaan Perbatasan di daerah, makanya berkoordinasi langsung dengan BNPP yakni berkoordinasi langsung dengan pemerintah,” kunci Lino. (mel)

Baca juga:   Alasan Sibuk, Kepsek SMKN 1 Kakas Tak Mau Diwawancarai
banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply