KPU Akui Kubui OSO, Jackson Kumaat Cs Bersemangat Ikut Proses dan Tahapan Pileg 2019

Ketua DPD Hanura Sulut Jackson Kumaat dan pengurus lainnya pada pemakaman M. Katoppo, tonaas BMI yang juga kader Hanura (ft: jacko fb)

MANADO-Konflik panjang kepengurusan Hanura  memaksa Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengambil kebijakan jelang pendaftaran calon legislatif 2019. Institusi penyelenggara pemilu ini mengakui kepengurusan pimpinan Oesman Sapta Odang atau Oso untuk ikut tahapan Pemilu Legislatif 2019.

Kebijakan KPU mengacu pada legalitas dari pemerintah, dalam hal ini Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia  (KemenkumHAM) yang mengesahkan kepengurusan OSO dan Sekjen Herry Lontung Siregar.

Read More

KPU RI sudah menerbitkan surat Nomor 578/PL.01.4-SD/03/KPU/VI/2018 yang ditujukan kepada Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) serta Komisi Independen Pemilih (KIP) provinsi dan kabupaten/kota. Surat itu juga sudah diterima pengurus Hanura. “Ya, ini mengacu kepada SK kemenkumham yang kita terima,” ujar Komisioner KPU Ilham Saputra di Jakarta beberapa hari lalu.

Ketua DPP Bidang OKK, Benny Rhamdani meminta publik tak ragu dengan kepengurusan Partai Hanura pimpinan Oso. “Sebelum surat KPU, kami sudah memiliki Surat Keputusan (SK) Menkumham dengan Nomor. M.HH-01.AH.11.01. Dengan demikian pengajuan Bacaleg di semua tingkatan adalah yang ditandatangani Ketua Umum Oesman Sapta Odang dan Sekretaris Jenderal Herry Lontung Siregar,” ucap Brani, sapaan akrab mantan anggota DPRD Sulut saat dihubungi indoBRITA, Sabtu (14/7/2018).

Keluarnya surat KPU itu membuat kader dan simpatisan Hanura di seluruh daerah makin bersemangat menyambut perhelaitan pesta demokrasi 2019. Di Sulut, Ketua DPD Jackson Kumaat langsung menggelar rapat dan turun ke masyarakat menyampaikan visi dan program partai.

Jackson Kumaat dan kawan-kawan juga sudah menyiapkan figur-figur terbaik untuk kelak mewakili masyarakat di legislatif melalui penjaringan Bacaleg di semua tingkatan. “Hati nurani rakyat menjadi acuan dan dasar perjuangan kami. Hanura siap mewujudkan apa keinginan rakyat dengan menghadirkan calon yang sesuai harapan mereka,” ucap Jacko, sapaan akrab Ketua DPD termuda se-Indonesia ini.

Suami Sisca Cicelia ini sendiri siap maju dari daerah pemilihan (Dapil) Manado untuk DPRD Provinsi (Deprov) Sulut. Pengusaha sukses ini sudah melengkapi semua berkas yang diperlukan.

“Kader dan semua figur yang disiapkan bersemangat mengikuti proses dan tahapan Pileg 2019.  Hanura akan selalu bersama rakyat dan siap memperjuangkan aspirasi rakyat,” kata Jacko lagi.

Seperti diketahui, partai yang dibentuk Wiranto ini menjadi polemic setelah terbelah dua kubu. Proses islah yang didorong Ketua Dewan Pembina Hanura, Wiranto belum diterima pihak Sudding Cs. Kepengurusan Sudding Cs masih berjuang melalui jalur konstitusi, meski KemenkunHAM sudah mengeluarkan surat yang mengakui kepengurusan OSO. (*/nji)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *