Diduga Berafiliasi ke Salah Satu Paslon, Oknum ASN Dilaporkan Tim ART Juara ke Komisi ASN

Diduga Berafiliasi ke Salah Satu Paslon, Oknum ASN Dilaporkan Tim ART Juara ke Komisi ASN
Tim Advokasi ART Juara (foto: jendli tampilang)

SITARO-Tim Bantuan Hukum Pilkada Pasangan Calon (Paslon) nomor urut 1 membeberkan bukti-bukti tindak pidana Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) dan pelanggaran disiplin yang dilakukan sejumlah oknum Aparat Sipil Negara (ASN), Rabu (13/6/2018).

“Kami selaku Tim Advokasi ART Juara menemukan adanya pelanggaran disiplin atau indisipliner selama pilkada yang dilakukan oleh salah seorang kepala dinas Kabupaten Kepulauan Sitaro, beberapa orang camat, kapitalau, lurah, kepala sekolah dan guru-guru,” ujar Michael Jacobus dari Tim Advokasi kepada media ini, Jumat (15/6/2018).

Pelaporan yang akan mereka lakukan berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku. “Mereka melakukan tindak pidana pilkada dan pelanggaran disiplin, baik pelanggaran disiplin sedang maupun pelanggaran disiplin berat,” katanya.

Para ASN ditengarai melakukan pelanggaran Pilkada berdasarkan pasal 70, 71, 189, 188 UU No.1 tahun 2015 tentang pengambilan keputusan atau tindakan menguntungkan dan atau merugikan peserta pilkada. “Kemudian untuk pelanggaran disiplin PNS (Pegawai Negeri Sipil) kami akan melaporkan sesuai dgn PP 53 pasal 4 tahun 2010,” ujar Jacobus.

Menurut dia, im Advokasi memiliki bukti kuat yang akan diajukan kepada Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) dan Komisi ASN berupa rekaman audio dan BAP Berita Acara Pemeriksaan (BAP) saksi. “Tanggal 21 Juni saya dan tim akan ke komisi ASN untuk memproses laporan kami. Ini bukan hanya sekedar perkara pilkada tapi juga termasuk tindakan indisipliner. Jadi kami akan lanjutkan ke komisi ASN sebagai lembaga yang bertugas untuk menjaga netralitas ASN,” ujar Jacobus.

Ia menyayangkan adanya ASN yang ditengarai  berafiliasi dengan salah satu partai politik pengusung Paslon  “Biar nanti komisi ASN yang menilainya,” kata Jacobus lagi. (jen)

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply