Ini yang Dilakukan Pemkab Mitra Peringati Hari Kartini

MITRA – Dalam rangka peringatan hari Kartini pemerintah kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra), melalui Dharma Wanita dan bebarapa dinas terkait bekerja sama dengan BPJS menyelenggarakan kegiatan senam sehat, pemeriksaan Pap Smear dan sosialisasi mobile JKN bagi ASN kab Mitra, Jumat (20/4/18).

Sekda Mitra Drs.Robby Ngongoloy ketika membuka kegiatan mengatakan kegiatan ini dalam rangka kita memperingati hari kartini. Kerjasama dengan BPJS kesehatan melalui program senam sehat, pemeriksaan pap smear serta pelayanan mobile Kartu Indonesia Sehat. “Kiranya kita ASN Mitra terbiasa dengan hidup sehat dan terkait pemeriksaan pap smear khusus kepada wanita dapat mendeteksi dini kanker servik yang sangat mematikan serta kita semua dapat mengetahui dan memahami metode pelayanan yang diberukan BPJS kesehatan dalam menjamin warga dalam memperoleh pelayanan kesehatan melalui JKN KIS,” ujar Ngongoloy.

Sementara itu kepala cabang BPJS Tondano Doni Jembar Saeffudin mengatakan kegiatan senam sehat pemeriksaan deteksi dini Pap Smear merupakan program promotif preventif bagi peserta JKN-KIS untuk menekan jumlah penderita kanker serviks dan pemeriksaan Pap Smear ini dijamin oleh BPJS kesehatan sehingga peserta JKN KIS tidak perlu kwatir dengan biayanya jika setelah diperiksa pasien memerlukan penanganan lebih lanjut maka akan di rujuk sesuai prosedur dan ketentuan yang berlaku. “Sedangkan mobile JKN merupakan wujud komitmen BPJS Kesehatan untuk mengoptimalkan pelayanan kepada peserta dalam hal memperoleh kemudahan akses informasi,” ungkapnya.

Ia menambahkan, berdasarkan data per 13 april 2018, terdapat 124.876 jiwa di kab Mitra, yang telah redaftar sebagai peserta JKN KIS maka dalam rangka memudahkan peserta memperoleh informasi dan pelayanan peserta yang berkaitan dengan program jaminan kesehatan nasional maka telah hadir sisten aplikasi mobile JKN, informasi terkait kepeserraan ,tagihan, pembayaran, fasilitas kesehatan, pelayanan, informasi/pengaduan. “Jika telah menggunakan mobile JKN peserta dapat memanfaatkan kartu JKN digital untuk memungkinkan peserta tidak perlu tidak perlu membawa kartu fisik JKN KIS serta pserta tidak perlu mencetak ulang kartu jika terjadi kehilangan atau perubahan data seperti fasilitas kesehatan dan sebagainya,” tukasnya.

Turut hadir pada kegiatan Asisten III Drs.Piether.D.Owu,ME, Kepala Perangkat Daerah,Pengurus Dharma Wanita Persatuan serta ASN Pemkab Mitra, Kepala BPJS kesehatan Mitra Meisria Kaparan beserta jajaran BPJS kesehatan Tondano. (Tommy)

Related posts