Awasi Pemilu, Panwas Manado Gandeng Wartawan dan LSM

Personil Panwas Manado saat acara FGD (foto: ist)

MANADO– Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Manado terus berbenah dan mempersiapkan diri menyongsong Pemilihan Umum (Pemilu) legislatif dan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019. Salah satunya adalah menggandeng wartawan dan Lembaga Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) untuk mengawasi dua hajatan penting tersebut.

Keinginan Panwas Manado menggandeng wartawan dan LSM tersebut disampaikan Ketua Panwaslu Kota Manado, Marwan Martino Kwinda didampingi dua anggota masing-masing Supriyadi Pangelu serta Ramly Pateda saat Forum Group discussion (FGD) pada salah satu rumah kopi di Manado, Jumat (24/11/2017).

Menurut dia, pers sebagai lembaga independen dan pengontrol diharap dapat membantu tugas Panwaslu dalam mengawasi setiap gerakan yang mengarah pada kecurangan dan pelanggaran pemilu. “Kami percaya wartawan dan LSM bisa bersinergi dengan Panwas untuk  mengawasi pelaksanaan Pilcaleg dann Pilpres. Panwas sudah membentu gru WA dengan wartawan supaya rekan-rekan bisa memberikan informasi setiap pelanggaran yang ditemukan di lapangan. Kami akana merahasiakan setiap informasi dan sumber yang menyampaikan informasi,” kata Marwan.

Institusi pengawas Pemilu ini sendiri sudah meluncurkan slogan atau (tagline) baru yaitu ‘Bersama Rakyat Awasi Pemilu, Bersama Bawaslu Tegakkan Keadilan Pemilu’. Slogan tersebut mengandung filosofi bahwa pemilu adalah milik seluruh rakyat Indonesia.

“Partisipasi rakyat jadi bagian penting bagi terciptanya pemilu yang demokratis dan berkualitas. Kami ajak rakyat terlibat awasi Pemilu,” kata Supriyadi.

Mantan Ketua Panwas Talaud ini  percaya keadilan pemilu dapat diwujudkan dengan sistem pengawasan yang optimal dan penegakan hukum tanpa pandang bulu. “Kedekatan antara Panwaslu dengan banyak pihak dari berbagai latar belakang menjadi modal untuk membuat kerja-kerja pengawasan menjadi lebih menyenangkan,” ungkap Supriyadi. (cic/nji)

 

 

 

 

 

Related posts