Komitmen terhadap Pengembangan TIK, Olly Terima Anugerah Kihajar dari Kemendikbud

Gubernur Olly Dondokambey saat menerima anugerah Kihajar dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (foto: humas ps)

MANADO– Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey menerima anugerah Kita Harus Belajar (Kihajar) 2017 dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy di Jakarta, Kamis (16/11/2017) malam. Olly satu-satunya gubernur di Sulawesi yang mendapat penghargaan tersebut.

Penghargaan Kihajar yang diadakan Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan dan Kebudayaan (Pustekkom) Kemendikbud itu diberikan kepada para kepala daerah yang telah menunjukkan kepedulian dan komitmen terhadap pengembangan Teknologi Informasi dan komunikasi (TIK) untuk dunia pendidikan dan kebudayaan.

Tahun ini menjadi tahun yang keenam Kemendikbud memberikan apresiasi yang tinggi kepada pemerintahan Kabupaten/Kota dan Provinsi atas segala upayanya dalam membuat kebijakan, mengembangkan, serta mengimplementasikan TIK.

Anugerah Kihajar untuk Gubernur, Bupati/Walikota diberikan sebagai penghargaan kepada para pemerintah daerah yang berprestasi dalam pendayagunaan TIK untuk pendidikan. Penganugerahaan didahului pendaftaran dan pelengkapan berkas oleh Dinas Pendidikan Provinsi, Kabupaten atau Kota pada bulan Agustus hingga awal Oktober 2017. Proses kemudian berlanjut pada penilaian yang dilakukan pada bulan Oktober hingga awal November 2017. Tim Juri yang menilai terdiri dari praktisi TIK, akademisi, perwakilan media, Kementerian Komunikasi dan Informatika, serta internal Kemendikbud.

Selain Olly, ada sebanyak 15 kepala daerah lainnya diantaranya enam Gubernur dan sembilan Walikota/Bupati yang menerima anugerah Kihajar 2017.

Enam Kepala Daerah yang menerima penghargaan terkait pengembangan TIK diantaranya untuk tingkat pertama diberikan kepada Gubernur Sulawesi Utara, tingkat madya diberikan kepada Gubernur Jawa Barat, dan tingkat utama diberikan kepada Gubernur Jawa Tengah. Selain itu penghargaan khusus diberikan kepada Gubernur Jawa Timur, Gubernur Maluku, serta Gubernur Kalimantan Selatan.

Anugerah Kihajar juga diberikan kepada Sembilan Bupati/Walikota, antara lain penghargaan tingkat pertama diberikan kepada Walikota Pontianak dan Walikota Kediri. Penghargaan tingkat madya diberikan kepada Bupati Semarang dan Walikota Bandung. Penghargaan tingkat utama diberikan kepada Walikota Jambi dan Walikota Surabaya. Sedangkan Walikota Pekanbaru, Walikota Padang Panjang dan Bupati Dharmasraya akan menerima penghargaan kategori khusus. (hms/ado/nji)

 

Related posts